WEDANG RONDE - SANTAPAN UNIK KHAS INDONESIA

WEDANG RONDE - SANTAPAN UNIK KHAS INDONESIA

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Wedag Ronde merupakan minuman tradisional dari Indonesia. Tapi siapa sangka jika Wedang Ronde merupakan sajian yang memiliki perpaduan antara budaya Tionghoa dan Nusantara.


Wedang Ronde merupakan perpaduan dari tangyuan dan kuah jahe yang ditambah gula. Tangyuan yaitu makanan berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari tepung ketan. Biasanya tangyuan diberi isian namun ada juga yang polos tanpa isi. Di Cina tangyuan biasanya juga disajikan bersama kuah kaldu atau sup.

Hampir sama sebenarnya, namun jika di Indonesia Ronde dibuat dari tepung ketan dan berisi kacang tanah yang dicincang. Disebut Wedang Ronde karena dalam penyajiannya ronde disajikan bersama kuah jahe panas yang diberi gula. Biasanya gula yang digunakan adalah gula merah. Selain itu juga masih ditaburi dengan kacang tanah sangrai.

Kata "wedang" dalam bahasa Jawa berarti air hangat. Sedangkan kata "ronde" berasal dari bahasa Belanda yaitu "rond" yang berarti bulat. Kemudian menjadi Rondje  karena dalam bahasa Belanda kata jamak menggunakan akhiran  Je.

Bagi orang Belanda yang ada di Indonesia, sebutan Rondje lebih mudah dari pada Tangyuan. Namun untuk lidah orang Indonesia kata ini dirasa masih sulit. Akhirnya berubah menjadi Ronde.

Biasanya Wedang Ronde banyak dijual gerobakan di pinggir jalan. Jika Sobat MotoMideo sedang berkunjung ke Tulungagung dan ingin menikmati Wdang Ronde kalian bisa dengan mudah menemukannya. Kalian bisa datang ke Jl. Pangeran Diponegoro. Saat malam hari disepanjang jalan tersebut kalian akan dengan mudah menemukan Pedagang Wedang Ronde. Salah satunya seperti yang kami coba kemarin adalah Ronde 95. Tapi kalian bebas pilih mau mencoba Wedang Ronde yang mana, karena disepanjang jalan sangat banyak pedagang Wedang Ronde.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton video di bawah ini sob. Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk mendapatkan Info Tulungagung. Ikuti terus Chanle Yourube MotoMideo Tulungagung agar tidak ketinggalan Info Tulungagung Mening yang lainnya. Karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.



0 Komentar