NOSTALGIA KUE JADUL - KUE RANGI

NOSTALGIA KUE JADUL - KUE RANGI

Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !!

Kue Rangi atau bisa masyarakat menyebutnya sagu Rangi, adalah salah satu kue tradisional Betawi. Kue ini terbuat dari campuran tepung kanji atau tepung sagu dengan kelapa parut yang dipanggang dengan cetakan khusus di atas tungku kecil dan ditutup agar cepat matang. Kue Rangi disajikan dengan olesan gula merah yang dikentalkan dengan tambahan sedikit tepung kanji. Untuk menambah selera dan wangi, gula merah dicampur dengan potongan nangka, nanas atau durian.


Dinamakan Kue Rangi karena kata “rangi” merupakan singkatan dari “digarang wangi”. Hal ini dikarenakan terdapat proses menggarang yang merujuk kepada proses memasak tanpa minyak dan menggunakan bara api dari kayu. Proses memasak ini yang membuat Kue Rangi terasa gurih. Tepung yang digunakan adalah tepung sagu aren agar menghasilkan Kue Rangi yang kenyal. Proses memasak tanpa minyak ini dikarenakan kelapa parut yang ditambahkan akan menghasilkan minyak sendiri dan santan kental yang akan menyatukan adonan Kue Rangi.

Cetakan Kue Rangi mirip dengan cetakan Kue Pancong atau Bandros, tetapi ukurannya lebih kecil. Bahan utama untuk membuat Kue Rangi antara lain kelapa tua, tepung kanji atau tapioka, serta sedikit garam dan air. Adonan bahan kue ini tidak dapat bertahan lama karena mudah basi, sehingga harus dihabiskan dalam waktu satu hari.

Kue Rangi dijajakan secara tradisional oleh pedagang dengan berkeliling sambil mendorong gerobak. Biasanya pedagang akan berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun karena bergesernya zaman dan sedikit orang yang mengetahui Kue Rangi, kini semakin sulit untuk kita menemukan pedagang kue ini.

Meskipun Kue Rangi berasal dari Betawi, tapi tenang sob. Bagi kalian yang di Tulungagung tetap bisa mencicipi kue ini. Salah satu pedagang Kue Rangi dapat kalian jumpai di depan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung sob. Pak Abu menjajakan Kue Rangi dengan harga yang gak bikin kantong bolong sob. Kalian cukup membayar Rp.2.500,- untuk satu porsi Kue Rangi.

Untuk info selengkapnya kalian bisa tonton video di bawah ini ya sob. Ikuti terus Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung agar tidak ketinggalan Info Tulungagung Mening Lainnya. Karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.



0 Komentar