Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Mendengar kata Sempol pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Kuliner dengan cita rasa gurih ini bisa dengan mudah kita jumpai.



Sempolan atau biasa disebut dengan sempol adalah jenis gorengan yang terbuat dari tepung tapioka dan daging ikan atau ayam. Nama sempol diambil dari tempat makanan ini berasal sob, yaitu desa Sempol di wilayah Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Sempol banyak dijumpai di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Makanan ini memiliki rasa kenyal karena berbahan dasar tepung tapioka, berbentuk lonjong dan ditusuk dengan lidi yang terbuat dari bambu. Biasanya sempol dimakan dengan saus yang pedas dan kecap atau bisa ditambahkan sambal kacang.

Bahan baku sempolan adalah adonan yang terbuat dari tepung tapioka, daging ayam atau ikan yang dihaluskan, dan bumbu lainnya seperti bawah putih, garam, dan sebagainya. Adonan ini kemudian dililitkan pada tusuk sate hingga bentuknya lonjong, selanjutnya adonan direbus hingga matang. Jika sudah matang, sempolan digoreng setengah matang terebih dahulu. Selanjutnya sempolan dicelupkan ke dalam kocokan telur kemudian digoreng kembali. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan tekstur yang renyah biasanya pencelupan ke dalam adonan telur bisa dilakukan 2 hingga 3 kali.

Tidak hanya sebagai makanan ringan yang enak, sempolan dapat menjadi sebuah peluang usaha. Rata-rata penjual sempolan adalah pedagang kaki lima yang berpindah-pindah, yang rata-rata berjualan di sekolah atau dipinggir jalan.

Jika kalian berkunjung ke Tulngagung kalian bisa dengan mudah menemukan sempolan ini sob. Terutama di sekitar Golden Theater, kalian akan menemukan banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual sempolan. Untuk masalah harga sangat terjangkau, rata-rata mereka menjual sempolan dengan harga Rp.500,- / tusuk. Tapi mana puas kalau hanya beli satu atau tusuk. Paling tidak ya beli sepuluh lah ya biar puas. Hehehe .

Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk mendapatkan Info Tulungagung. Ikuti terus Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung agar tidak ketinggalan Info Tulungagung Mening Lainnya. Karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.