HAMPIR SATU DESA JUALAN CILOK - CILOT KALANGAN NGUNUT

HAMPIR SATU DESA JUALAN CILOK - CILOT KALANGAN NGUNUT

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Cilok atau cilot merupakan makanan yang terbuat dari tepung kanji dengan campuran berbagai macam bumbu. Di Tulungagung tepatnya di Desa Kalangan Ngunut kita bisa dengan mudah menemukan makanan ini. Hampir setiap rumah menjajakan makanan cilok.


Jika mendengar kata cilok pasti yang terlintas dipikiran kita adalah makanan khas Bandung ya sob. Jika cilok Bandung berbentuk bulat seperti bakso, maka berbeda dengan cilok yang ada di Desa Kalangan ini. Masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya cilot. Cilot disini sebenarnya juga terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu tepung kanji. Hanya saja ada perbedaan pada proses memasaknya.

Mulanya tepung kanji diadon bersama berbagai macam bumbu kemudian dicetak berbentuk bulat kecil memanjang dan selanjutnya dikukus. Setelah matang cilot tersebut kemudian dipotong kecil-kecil. Sebenarnya begini saja sudah bisa disajikan bersama dengan saos kacang sob. Rasanya sudah nikmat. Akan tetapi agar rasanya lebih gurih, potongan cilot ini dimasak kembali. Dengan cara potongan cilot dimasukkan ke dalam kocokan telur, selanjutnya digoreng ke dalam cetakan. Hasilnya cilot akan berbalut telur di luarnya dengan berbentuk bulat kecil. Disajikan bersama saos kacang yang memiliki rasa manis, gurih, dan sedikit pedas. 

Duuh, membayangkan saja sudah bikin ngiler ya sob. Disepanjang jalan Desa Kalangan kalian bisa pilih yang warung yang mana saja sob. Tetapi kemarin kita coba warung Cilotan Sor Pelem. Disini selain mejual cilot juga menjual berbagai macam minuman. Jadi pas kan, habis makan yang gurih pedas minumnya yang manis seger.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton video di bawah ini ya. Semoga artikel ini bisa membantuntu kalian untuk mendapatkan Info Tulungagung. Ikuti terus Chanel MotoMideo Tulungagung agar tidak ketinggalan Info Tulungagung Mening Lainnya. Karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.



0 Komentar