ASAL MULA NAMA GERDON KESET

ASAL MULA NAMA GERDON KESET

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Kali ini kita akan membahas nama tempat atau lokasi yang ada di Tulungagung nih sob. Kita akan membahas kenapa sih dinamakan perempatan Gerdon Keset. 

Sebetulnya kalau dilihat dari lokasinya ini bukan perempatan ya sob. Lokasi ini merupakan jalan keluar dari dua desa. Jika berjalan dari arah utara maka kalian akan keluar dari Desa Jabalsari. Dan jika berjalan dari arah selatan kalian keluar dari Desa Bendiljati Wetan.

Kata "gerdon" memiliki arti bangaunan yang digunakan untuk pembatas sungai atau air yang berada di tepi jalan. Sedangkan kata "keset" merupakan alat pembersih kaki yang terbuat dari serabut atau serat. Biasanya keset diletakkan di pintu masuk rumah atau tempat yang lainnya.

Tapi lain dulu lain sekarang ya sob. Jika dahulu keset dibuat secara tradisional dengan menggunkan tangan, bahannya pun juga masih terbuat dari serabut kelapa. Namun seiring berkembangan zaman produksi keset berbahan serabut kelapa semakin merosot. Karena kini bahan serabut kelapa telag tergeser oleh kainperca yang lebih mudah didapatkan. Selain itu kain perca juga lebih mudah untuk dibentuk menjadi kerajinan keset.  Selain dari bahannya yang mulai berganti, kini proses pembuatan keset juga sudah semakin modern sob. Saat ini pembuatan keset sudah menggunakan alat khusus.

Jadi kenapa sih tempat tersebut dinamakan Gerdon Keset ? Jadi pada zaman dahulu masyarakat dusun Jabalan banyak yang memproduksi kekset dengan berbahan dasar serabut kelapa. Dan tempat tersebut digunakan masyarakat untuk memasarkan dagangan keset yang telah mereka produksi. Karena jika dilihat dari letaknya, lokasi tersebut merupakan jalan raya atau jalan provinsi. Jika kita berjalan ke arah timur kalian akan menuju Kota Blitar, dan jika ke arah barat kalian akan menuju Terminal Gayatri. Sambil menunggu angkutan umum menuju luar kota untuk menjual keset dagangannya, mereka menunggu di gerdon tersebut. Dan sampai saat ini disebutu GerdonKeset oleh masyarakat sekitar.

Untuk kalian yang penasaran dengan lokasinya, kalian bisa tonton video di bawah in ya. Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk mendapatkan Info Tulungagung.

Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung agar tidak ketinggalan Info Tulungagung lainnya. Karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.



0 Komentar