AYAM LODHO SAJIAN NIKMAT KHAS TULUNGAGUNG

AYAM LODHO SAJIAN NIKMAT KHAS TULUNGAGUNG

Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !!

Ayam Lodho merupakan makanan khas dari Tulungagung. Tidak diketahui sejak kapan kuliner ini muncul dan siapa pencipta resepnya. Mungkin kuliner ini sudah ada sejak puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu. Resep dan cara memasaknya telah diwariskan turun-temurun dari nenek moyang. 


Ayam Lodho bukan hanya sekedar sajian kuliner biasa. Di Kota Tulungagung Ayam Lodho seperti sajian wajib ketika ada selamatan atau acara-acara keagamaan. Bhakan di Tlungagung ada tradisi Ambengan, yaitu masyarakat akan membawa ambeng (nasi dan ayam lodho) ke masjid. Ambeng tersebut akan dimakan bersama-sama setelah selesai menunaikan ibadah sholat Id pada saat hari raya Idulfitri dan Iduladha.

Kata Lodho dapat diartikan empuk atau lembut. Karena Ayam Lodho dengan ciri khas menggunakan ayam kampung ini dimasak hingga daging ayam benar-benar empuk. Pada umumnya dalam penyajian Ayam Lodho menggunakan ayam utuh atau biasa disebut ayam ingkung, namun ada juga yang memotong ayam menjadi kecil-kecil.  Daging ayam dipanggang menggunkan kayu bakar sehingga akan membuat daging ayam memiliki aroma yang khas. Selanjutnya barulah daging ayam tersebut dimasak dengan cara direbus bersama santan kental dan berbagai macam rempah-rempah hingga bumbu meresap dan daging ayam empuk. Ayam Lodho memiliki rasa yang gurih dan pedas ditambah aroma kayu bakar saat proses pemanggangan. Dengan proses pemasakan yang sangat lama tidak heran jika daging ayam pada Ayam Lodho terasa lembut dan empuk meskipun yang digunkan adalah daging ayam kampung.

Bagaima sob, kalian tertarik untuk mencoba Ayam Lodho ? Atau bahkan mungkin diantara kalian malah sudah ada yang pernah mencicipinya. Jika sudah, kalian bisa berbagi pengalaman di kolom komentar ya.

Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk mendapatkan Info Tulungagung. Ikuti terus Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung agar tidak ketinggalan Info Tulungagung Mening Lainnya. Karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar