UNIKNYA JARANAN SENTEREWE KHAS TULUNGAGUG

UNIKNYA JARANAN SENTEREWE KHAS TULUNGAGUG

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Kesenian jaranan pasti sudah tidak asing lagi bagi kita yang tinggal di Tanah Jawa. Meskipun kesenian jaranan sudah sudah banyak dipentaskan di berbagai daerah, setiap jaranan memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerahnya.


Misalnya di jaranan di daerah Kediri, Ponorogo, Tulungagung pasti memiliki ciri khas masing-masing. Dan saat ini Tulungung Mening akan memberi Info Tulungagung mengenai jaranan khas Tulungagung, yaitu jaranan senterewe.

Konon, disebut jaranan senterewe karena bermula dari banyaknya tumbuhan "sente" yang ada di wilayah Tulungagung. Sente merupakan jenis tumbuhan talas. Dan juga adanya tumbuhan liar bernama "rawe". Jika kedua tumbuhan tersebut mengenai tubuh manusia akan muncul rasa gatal. Penamaan nama senterewe merujuk pada gerak tari yang lincah dan dinamis. Sehingga penari jaranan diibaratkan makan daun sente dan rawe.

Uniknya dalam penyajian tarian jaranan senterewe anyaman kuda yang dipakai memiliki bentuk khusus. Yaitu memiliki bentuk yang ramping dan kecil. Hal itu bertujuan untuk memudahkan para penari untuk bergerak lincah dan atraktif. Selain itu yang membedakan jaranan senterewe dengan jaranan yang lainnya yaitu bentuk ekor pada anyaman kuda. Jika umumnya ekor pada anyaman kuda terbuat dari bahan tambahan seperti ijuk atau rafia, pada jaranan senterewe ekor kuda terbuat dari anyaman bambu.

Selain bentuk anyaman kuda yang berbeda, hal lain yang membuat jaranan senterewe unik yaitu dalam pertunjukannya. Agar memunculkan kesan khas Tulungagung jaranan senterwe saat pementasannya ditambah musik campursari hingga dangdut dengan laat musik modern dan gerak penari yang lincah.

Selain itu penampilan jaranana senterewe diasajikan dengan properti backdrop yang dilukis. Layaknya backdrop pada pementasan wayang wong atau ketoprak.

Itulah yang membedakan jaranan senterewe dengan jaranan yang lainnya. Untu lebih jelasnya mengenai jaranan sneterwe Sobat MotoMideo bisa tonton video dibawah ini ya.

Ikuti terus Chanel Youtube MotoMideo Tulunagung untuk mendapatkan Info Tulungagung Mening lainnya, karena Bersama MotoMideo Tulunggagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.



0 Komentar