SEJARAH DESA GONDOSULI TULUNGAGUNG

SEJARAH DESA GONDOSULI TULUNGAGUNG

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Kali ini kita akan membahas mengenai asal mula nama Desa Gondosuli. Desa Gondosuli merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung.

Cerita ini bermula dari penyebaran agama Islam di Tulungagung. Pada saat itu ada seorang tokoh yang sangat dihormati yaitu Syeh Sunan Kuning. Kalian bisa menemukan makam tokoh tersebut di Desa macanbang, Kecamatan Gondang. 


Dahulu ketika Sunan Kuning melakukan perjalanan syiar agama Islam, beliau mencium aroma yang tidak sedap menyerupai bangkai. Lalu Sunan Kuning memerintahkan beberapa santrinya untuk mencari tahu sumber dari aroma tersebut. Ternyata aroma seperti bangkai tersebut berasal dari bunga bangkai (yang dikenal dengan Rafflesia Arnoldi). Dari bunga tersebut memang mengeluarkan bau yang tidak sedap menyerupai bangkai anjing yang hanyut. Sejak saat itu tempat tersebut disebut atau diberi nama Gondosuli. Kata Gondosuli berasal dari kata "gondo" yang berarti bau dan kata "suli" berarti asu keli atau anjing hanyut.

Namun ada ada juga yang mengatakan bahwa kata Gondosuli berasal dari bunga yang ditemukan Sunan Kuning dan bunga tersebut mengeluarkan aroma wangi.  Kata "gondo" yang berarti bau dan kata "suli" berarti wanita cantik yang identik dengan bunga yang harum.

Mengenai cerita mana yang benar belum bisa dipastikan, karena asal mula suatu tempat akan ada banyak versi cerita. Mungkin Sobat MotoMideo mengetahui versi cerita yang lainnya bisa tulis di kolom komentar ya. Semoga artikel ini bisa membatu Sobat MotoMideo untuk mendapatkan Info Tulungagung. Terus ikuti Chane Youtube MotoMideo Tulungagung agar tidak keinggalan mengenai Info Tulungagung Mening yang lainnya. Karena, Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar