RITUAL PAGER-PAGER DESA BOYOLANGU TULUNGAGUNG

RITUAL PAGER-PAGER DESA BOYOLANGU TULUNGAGUNG

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Bulan Suro atau Sura merupakan bulan dalam penanggalan Jawa yang dianggap suci. Oleh karena itu pada bulan Suro biasanya banyak dilakukan upacara adat atau upacara keagamaan. Seperti yang dilakukan di Desa Boyolangu ini sob.

Dalam rangka menyambut bulan Suro warga Boyolangu menyelanggarakan upacara pager-pager desa. Selain itu upacara tersebut juga bertujuan untuk menyambut tahun baru Islam 1444H. Upacara pager-pager desa ini telah rutin dilakukan setiap tahunnya. Dalam upacara tersebut diselenggarakan oleh pemerintah desa dan dihadiri oleh warga sekitar Desa Boyolangu. 

Upacara ini diawali dengan berdoa bersama di balai desa. Kemudan seluruh warga yang mengikuti upacara pager-pager desa ini kan berjalan bersama menuju empat penjuru desa. Disetiap penjuru atau pintu masauk desa mereka akan melakukan doa bersama. Setelah selesai berjalan ke empat penjuru atau pintu masuk desa, rangkaian upacra dilanjutkan dengan mengunjungi tempat yang sangat bersejarah di Desa Boyolangu. Yang pertama yaitu Makam Mbok Rondo Dadapan dan selanjutnya menuju ke Candi Gayatri. Ditempat tersebut perangkat desa dan tokoh masyarakat lainnya melakukan ritual nyekar atau tabur bunga. Setelah semua rangkaian ritual telah selesai, selanjutnya perankat desa dan warga akan kembali ke balai desa untuk melakukan selamatan. Hal ini dilakukan dengan pengharapan meminta berkah dan keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Uniknya, pada kegiatan selamatan ini ada satu kegiatan yang sangat dinantikan para warga yaitu kembul. kembul merupakan kegiatan makan bersama beberapa orang dengan menempatkan makanan pada satu wadah tanpa ada pemisah seperti piring atau alat makan yang lainnya.

Untuk lebih lengkapnya Sobat MotoMideo bisa tonton video di bawah ini ya. Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung agar tidak ketinggalan Infp Tulungagung Mening yang lainnya. Karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.




0 Komentar