SEJARAH DARI LEZATNYA BUBUR SUMSUM

SEJARAH DARI LEZATNYA BUBUR SUMSUM

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Pasti kalian sudah tidak asing lagi ya dengan Bubur Sumsum ya. Sajian nikmat ini dengan mudah ditemui di seluruh nusantara. 



Ditilik dari asal-usulnya, Bubur Sumsum berasal dari Jawa. Khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pada zaman dahulu ketika Indonesia dijajah, masyarakat mengalami kelaparan. Sebab lahan pertanian tida lagi digunakan untuk kepentingan masyarakat. Unfuk menyiasati hal tersebut, masyarakat zaman dahulu memasak nasi dengan menggunakan banyak air agar menghasilkan kuantitas makanan yang lebih banyak. Inilah yang menjadi awal mula bubur. Begitu pula dengan Bubur Sumsum. 

Untuk membuat Bubur Sumsum kita hanya perlu menyediakan bhan-bahan berupa tepung beras, santan, gula merah dan air.  Bila kalian tidak terlalu suka dengan santan dalam penyajiannya bisa diganti dengan susu cair.

Menurut orang Jawa Bubur Sumsum lebih dari sekedar makanan. Bubur Sumsum memiliki nilai filosofi yang unik. Warna buburnya yang putih dan bertekstur lembut, Bubur Sumsum dikaitkan dengan tulang sumsum. Konon jika kita sedang tidak enak badan atau sakit, dengan mengkonsumsi Bubur Sumsum dipercaya akan mengembalikan tenaga dalam tubuh kita dan kita akan cepat sembuh.

Di Tulungagung kita dapat dengan mudah menjumpai Bubur Sumsum dengan mudah. Biasanya sajian ini banyak diajajakan di pasar tradisional dan di pinggir jalan ketika pagi hingga siang hari. Rasanya yang manis dan gurih membuat Bubur Sumsum tidak pernah kehilangan penggemar.

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk lebih mengenal Tulungagung. Ikuti terus Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar