ASAL MULA NAMA DESA KAUMAN

ASAL MULA NAMA DESA KAUMAN

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !!

Desa Kauman berada di Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung.  Tepatnya berada di sebelah barat dari pusat kotaTulungagung.

Konon Desa Kauman awalnya merupakan pemukiman yang dihuni banyak santri. Kata kauman berasal dari kata "kaum" yang berarti sekelompok dan kata "iman". Dari kaum santri itulah mucul kata Kaum Iman yang kemudian disingkat menjadi "Kauman".

Penetapan Desa Kauman tidak lepas dari dua tokoh masyarakat yang berbeda wilayah. Yaitu Mbah Ageng Withono (Syeih Hasan Ghozali) yang bermukim di wilayah Kauman dan Mbah  Kawit (Raden Onto Djojo) yang bermukim di Kalitumpang. Beliau hidup semasa Bupati Tulungagung yang pertama yakni Raden Ngabei Mangundirono.



Karena pengaruh kedua tokoh tersebut, Bupati Tulungagung memberikan saran agar mereka berdua mendirikan suatu pemerintahan yang nantinya bisa diakui. Dan Mbah Kawit menerima saran tersebut. Mbah Kawit berniat untuk mendirikan sebuah kademangan. Namun berbeda dengan Mbah Ageng Withono, beliau tidak mau mencampuri urusan duniawi karena beliau seorang sufi. Maka Mbah Adeng Withono menyerahkan wilayahnya untuk digabung dengan Kalitumpang dengan satu syarat. Jika suatu saat nanti terbentuk suatu kademangan harus menggunakan nama "Kauman" meskipun yang menjadi demang adalah orang Kalitumpang.

Dengan disaksikan Bupati Tulungagung pada saat itu diputuskan penggabungan wilayah tersebut. Dan wilayah tersebut menjadi kademangan Kauman dengan pusat pemerintahannya di Dukuh Krajan yang lokasi tepatnya di Dusun Jetaan RW 1 (sekarang).

Jika Sobat MotoMidoe berkunjung ke Desa Kuman, jangan lupa untuk mampir ke Taman Ketandan ya. Lokasinya tidak jauh dari Desa Kauman. Tepatnya di JL.Semeru No.10B, Kauman, Sidorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung.

Di taman ini kalian bisa bersantai, menikmati wahana permainan anak, dan juga bisa berwisata kuliner. Untuk lebih lengkapnya mengenai  Taman Ketandan kalian bisa tonton video di bawah ini ya.

Ikuti terus Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.






0 Komentar