INILAH ALASAN MENGAPA INDONESIA MERDEKA PADA TANGGAL 17 AGUSTUS

INILAH ALASAN MENGAPA INDONESIA MERDEKA PADA TANGGAL 17 AGUSTUS

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Kalian tahu gak sih kenapa Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus ?. Pada tanggal 6 Agustus 1946 Jepang mengalami serangan bom atom tepatnya di kota Hirosima dan Nagasi. Hal tersebut membuat Jepang lumpuh. Kesempatan tersebut membuat pemuda Indonesia menjadikan acuan untuk hari kemerdekaan.



Pada tanggal 12 Agustus 1945 Jepang menjanjikan memberikan kemerdekaan untuk Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1945. Namun golongan pemuda Indonesia takut jika janji tersebut tidak ditepati.

Hingga pada tanggal 16 Agustus 1945 golongan muda menculik Soekarna dan Hatta ke Rengasdengklok. Hal itu dilakukan agar Soekarno dan Hatta tidak terhasut oleh Jepang.

Akibat peristiwa penculikan tersebut mengakibatkan perdebatan antara golongan muda dan golongan tua. Sebab Soekarna dan Hatta telah memperhitunggan semua tentang kemerdekaan Indonesia.

Salah satu perwakilan dari golongan muda, yaitu Sukarni memberikan saran dan alasan mengapa Indonesia harus merdeka secepatnya. Menurut Sukarni tanggal 17 merupakan tanggal baik, sebab pada saat itu tanggal 17 Agustus 1945 merupakan bulan Ramadhan. Tah hanya itu tanggal 17 juga merupakan tanggal dimana Al-Qur'an diturunkan dan umat Islam melakukan ibadah Sholat sebanyak 17 rokaat dalam satu hari

Alasan tersebut disetujui oleh Soekarno dan Hatta untuk mengikuti saran para golongan muda. Akhirnya setelah perdebatan selesai, Soekarno, Hatta, dan Ahmad Soebardjo membahas rumusan teks proklamasi di kediaman Laksmana Tadashi Maeda.

Keesokan harinya pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB Soekarno membacakan teks proklamasi di kediamannya di Jalan Pegangsaan Timur No 56. Pembacaan teks proklamasi tersebut diiringi lagu Indonesia Raya dan pengibaran bendera merah putih yang telah dijahit oleh Fatmawati.

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo Tulungagung untuk lebih mengenal sejarah di Indonesia. Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar