BEGINI SEJARAH LOMBA BALAP KARUNG - KESERUAN PERAYAAN HUT RI

BEGINI SEJARAH LOMBA BALAP KARUNG - KESERUAN PERAYAAN HUT RI

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Selain upacara bendera kemeriahan HUT RI  kurang lengkap rasanya jika tidak ada perlombaan ya. Lomba yang tidak perna absen yaitu lomba balap karung. Balap karung merupakan permainan tradisional Indonesia berupa adu cepat. Sesuai namanya dalam permainan balap karung setiap peserta wajib menggunakan karung goni saat bermain.



Dibalik keseruan balap karung siapa sangka jika permainan ini sudah ada sejak zaman Belanda loh. Istilah balap karung  pertama kali dikenal di Kebayoran baru, Jakarta Selatan. Sebenarnya tidak ada catatan yang menjelaskan asal mula balap karung. Namun diyakini balap karung pertama kali dimainkan di Jakarta, khususnya orang Betawi pada masa Penjajahan Belanda. 

Awalnya permainan balap karung ini hanya dimainkan oleh anak-anak usia 6-12 tahun. Biasanya permainan ini dimainkan saat ada perayaan di sekolah-sekolah Belanda. Namun karena permainannya yang mudah dan seru, orang dewasa pun mulai ikut memainkannya pada acara atau perayaan di Jakarta.

Aturan dalam permainan balap karung cukup sederhana, setiap pemain wajib memsukkan kakinya ke dalam karung goni. Dan peserta harus berjalan atau melompat hingga garis finis. Siapa yang sampai terlebih dahulu dialah pemenangnya. Namun seiring berkembangnya zaman, kini balap karung peserta tidak hanya diwajibkan memakiai karung goni saat bermain. Peserta wajib memakai atribut berupa helm. Tidak hanya menambah keseruan, helm yang dipakai juga berguna unuk melindungi kepala jika peserta terjatuh.

Seluruh masyarakat Indonesia pasti antusias untuk ikut merayakan HUT RI pada tanggal 17 Agustus. Tidak ketinggalan Warga Perumahan BMW Arjuna  Tulungagung juga mendakan berbagai perlombaan. Perlombaan tersebutu tidak hanya diikuti oleh anak-anak, namun juga iikuti oleh ibu-ibu. Mulai dari lomba makan kerupuk, estafet tepung, balap kelereng, lomba menyanyi sebagai penutupan.







Masih banyak lagi kegiatan positif yang dilakukan di berbagai daerah untuk ikut memeriahkan HUT RI ini. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk mendapatkan Info Tulungagung. Ikuti terus Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung untuk mendapatkan Info Tulungagung Mening lainnya, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar