WUJUD RASA SYUKUR NELAYAN POPOH

WUJUD RASA SYUKUR NELAYAN POPOH

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Lain daerah lain pula tradisinya. Jika di daerah Telaga Buret ada Upacara Ulur-Ulur, maka di daerah Pantai Popoh ada Tradisi Larung Sembonyo sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan.

Warga di Teluk Popoh, Desa Besole, Tulungagung ini melakukan tradisi Larung Sembonyo sebagai wujud rasa syukur atas tangkapan ikan yang melimpah. Tradisi ini dilakukan setiap bulan Suro dalam penanggalan Jawa. Dalam tradisi ini selain wujud rasa syukur, para nelayan juga berdoa semoga tahun depan tangkapan ikan tetap melimpah dan kegiatan para nelayan di Pantai Popoh dijauhkan dari marabahaya.

Tradisi Larug Sembonyo diawali dengan kirab aneka sesaji yang dimasukkan ke dalam replika kapal nelayan untuk dibawa ke pelabuhan. Selanjutnya para nelayan dan para tokoh setempat menggelar kenduri atau selamatan di TPI Popoh.

Setelah doa selesai dipanjatkan, para warga di wilayah Pantai Popoh langsung menyerbu gunungan yang berisi hasil bumi. Mulai dari sayuran hingga buah-buahan. Akhir dari Tradisi Larung Sembonyo ini yaitu membawa sesaji dalam replika kapal tersebut ke tengah laut untuk di larung.

Selain terkenal karena Tradisi Larung Sembonyo, Pantai Popoh juga terkenal karena daya tarik wisata pantainya. Buat Soabta MotoMideo yang penasaran dengan Pantai Popoh bisa tonton video di bawah ini ya. Dan jangan lupa masukkan Pantai Popoh ke dalam daftar tempat wisata yang akan kalian datangi ketika berkunjung ke Tulungagung. 

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuti Chanel Youube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.




0 Komentar