SISI UNIK CANDI MIRIGAMBAR

SISI UNIK CANDI MIRIGAMBAR

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Candi Mirigambar terletak di Desa Mirigambar, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Letak candi ini tepat berada di sebelah lapangan.

Sampai saat ini belum begitu jelas kapan Candi Mirigambar dibangun dan difungsikan sebagai apa. Dari penemuan tiga angka tahun yang berbeda ditafsirkan Candi Mirigambar dibangun di tiga masa yang berbeda. Diperkirakan Candi Mirigambar merupakan peninggalan masa Majapahit awal atau bahkan sebelumnya.

Di area candi terdapat bangunan candi utama yang terbuat dari bata merah. Selain itu di area candi juga ada  beberapa benda kuno yang terbuat dari batu. Kemungkinan situs candi ini merupakan komplek percandian yang cukup luas. Hal ini didukung dengan adanya fakta bahwa tidak jauh dari lokasi komplek Candi Miriganbar ditemukan reruntuhan bangungan kuno, salah satunya berbahan batu andesit.

Sisi unik dari Candi Mirigambar ini terletak pada ukiran reliefnya. Jika relief candi pada umumnya   menceritakan kisah pewayangan seperti Ramayana atau Mahabarat, relief di Candi Mirigambar menceritakan tentang tokoh kesatria Jawa bernama Panji Wasengsari.


Untuk lebih lengkapnya mengenai sejarah dan hal unik lain mengenai Candi Mirigambar, Sobat MotoMideo bisa tonton video di bawah ini ya.

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk lebih Mengenal Tulungagung. Ikuti Terus Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.










0 Komentar