SEBENARNYA, APA YANG DIMAKSUD DENGAN CANDI ?

SEBENARNYA, APA YANG DIMAKSUD DENGAN CANDI ?

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Dalam Bahasa Indonesia Candi merujuk pada istilah sebuah bangunan keagamaan peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu - Buddha. Akan tetapi istilah "candi" tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk menyebut tempat ibadah saja. Banyak situs-situs purbakala non religius dari masa Hindu - Buddha Indonesia klasik yang disebut dengan istilah "candi". Seperti istana (keraton), pemandian (petirtaan), gapura, dan sebagainya.

Istilah "candi" diduga berasal dari kata "candika" yang berarti nama salah satu perwujudan Dewi Durga  sebagai Dewi Kematian. Karena candi selalu dihubungkan dengan monumen tempat pendharmaan untuk memuliakan raja yang sudah meninggal.

Di Indonesia candi dapat ditemukan di pulau Jawa, Sumatra, Bali, dan Kalimantan. Namun candi paling banyak ditemukan di jawa Timur dan Jawa Tengah. Beberapa diantaranya berada di daerah Tulungagung, misalnya Candi Dadi, Candi Gayatri, Candi Snaggrahan, Candi Mirigambar, dan masih banyak lagi. 

Pada zaman dahulu bangunan candi difungsikan sebagi tempat ibadah, tempat pendharmaan, tempat peristirahatan, dan sebagainya. Sedangkan pada zaman sekarang candi difungsikan sebagai tempat wisata, sarana pendidikan, dan penelitian.

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk lebih mengenal tentang Tulungagung. Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat

0 Komentar