MENGENAL KESENIAN TAYUB

MENGENAL KESENIAN TAYUB

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Tayub merupakan seni pertunjukkan yangbiasanya ditampilkan dalam upacara-upaca adat atau hajatan kelarga seperti khitanan dan dpernikahan. kesenian inni populer di Jawa Tengan dan Jawa Timur.

Alunan gamelan merupakan pertanda Tayub akan segera dimulai. Para tamu bersiap mengambil sampur atau selendang. Para tamu (pengibing) biasnaya laki-laki. Kemudian mereka menempatkan diri berbaris membentuk formasi dua baris horizontal saling berhadapan. 

Lantunan gendhing berbahasa jawa mengiringi setiap tarian dalam Tayub. Gendhing tersebut dilantunkan oleh sindhir atau waranggana yang umumnya perempuan.

Para penari akan melakukan gerakan melangkah, memutar pergelangan tangan kanan dan kiri, dan memainkan selendang. Dan pada pukulan gong tententu mereka akan berdiri tegak (tanjak). Gerakan tersebut terus diulang-ulang hingga menjadi tarian. Keselarasan irama gerak tarian dengan permainan gamelan dan lantunan gendhing inilah yang menciptakan kerangka konsep Tayub.

Dalam kesenian Tayub, sindhir dianggap sebagi refleksi simbolis Dewi Sri. Oleh sebab itu, gambaran ideal sindhir setidaknya harus memenuhi konsep estetika, etika, olah suara, dan kepribadian yang baik.

Kata "tayub" berarti "tata-guyub", memiliki makna "ditata bersama-sama supaya bisa menjaga kebersamaan". Tayub merupakan simbol kerukunan.

Di Tulungagung, Tayub juga dikenal sebagai Lelangen Beksan. Hampir setiap bulan "baik" kesenian ini digelar.

Mungkin ada Sobat MotoMideo yang juga mengetahui tentang kesenian Tayub ini bisa tulis dikolom komentar ya. Semoga artikel ini bisa membanu Sobat MotoMideo lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuti Chanel Yooutube MotoMideo Tulungagung, karen Bersama MotomMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar