MAKNA TARI GAMBYONG


Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Tari Gambyong merupakan tarian Jawa klasik yang berasal dari Provinsi Jawa Tengah. Biasanya tarian ini dibawakan untuk pertunjukan atau penyambutan tamu. Berdasarkan iringan gendhingnya, Tari Gambyong ada beberapa macam, yaitu Gambyong Pareanom, Gambyong Pancerana, dan Gambyong Pangkur.

Tari Gambyong memiliki ciri khusus seperti :
-Pakaian yang digunakan bernuansa kuning dan hijau sebagai simbol kesuburan dan kemakmuran
-Sebelum tarian dimulai, selalu dibuka dengan gendhing Pangkur
-Teknik gerak, irama iringan tari dan pola kendhangan mampu menampilkan karakter tari yang luwes, kenes, tregel,  dan kewes.

Makna Tari Gambyong diumpamakan seorang Dewi Padi (Dewi Sri) yang tengah menari. Zaman dahulu tarian ini dugunakan untuk upacara ritual pertanian demi mendapat kesuburan padi dan panen berlimpah. Seiring perkembangan zaman, Tari Gambyong telah diangkat sebagi hiburan untuk memeriahkan acara hajatan seperti pernikahan atau acara-acara resmi hingga menyambut tamu kehormatan.

Semoga artikel ini bisa Membantu Sobat MotoMideo Tulungagung. Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagug, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.


#tulungagungmening #kulinermening #motomideo #kabupatentulungagung #tulungagung #melihattulungagunglebihdekat #motovlog #reviewmotovlog #motomideotulungagung