PENINGGALAN BERSEJARAH INDUSTRI BATU KAPUR CEMENUNG

PENINGGALAN BERSEJARAH INDUSTRI BATU KAPUR CEMENUNG

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Cemenung atau Bukit Cemenung dulunya merupakan industri batu kapur dan mangan pada saat penjajahan Belanda. Hingga saat ini sisa-sisa bangun industri tersebut masih berdiri kokoh. Bukit Cemenung berada di Desa Tenggong, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung.


Bangunan besar dengan cerobong diatasnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Keberadaan bangunan dengan cerobong diatasnya ini karena memang pada zaman dahulu tempat ini merupakan kawasan tambang kapur serta batuan mangan dan juga pabrik gamping (batu kapur). Sekilas bangunannya mirip dengan dengan bangunan kincir di Belanda.

Di Bukit Cemung ini terdapat empat bangunan bercerobong. Jika dilihat dari arsiteksurnya bangunan tersebut nampak seperti telah berumur ratusan tahun.


Dahulu, Tulungagung merupakan lokasi penambangan batuan gamping. Batu gamping tersebut harus melalui proses pembakaran agar bisa digunakan untuk industri. Konon pabrik di Bukit Cemenung ii milik orang Tiongkok.

Meski pabrik tersebut tidak lagi beroperasi namun bangunan-bangunnya tidak bongkar. Bahkan hingga kini masih terlihat kokoh dan menjadi daya tarik tersendiri.

Untuk berkunjung kesini tidak dipungut biaya (gratis). Karena belum ada pengelola untuk memelihara lokasi ini.

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama  MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar