ASAL MULA NAMA DESA MOJOSARI

ASAL MULA NAMA DESA MOJOSARI

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Desa Mojosari merupakan salah satu desan di kecamatan Kauman, Tulungagung. Desa ini memiliki 2 dusun, yaitu dusun Bancaan dan dusun Krajan. Desa Mojosari terkenal dengan kesenian batik tulisnya. Salah satunya yakni Batik Baronggung. Selain itu masyarakat desa Mojosari juga banyak yang membuka usaha jajanan tradisional. 

Konon nama Mojosari berasal dari kata "mojo" yang berarti buah mojo yang memiliki rasa pahit, dan "sari" yang berarti sari-sari. Menurut penuturan para sesepuh desa Mojosari berdiri pada tahun1830. Desa Mojosari didirikan oleh Kiai Imam Mustamam yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Beliau merupakan ulama yang juga anak buah dari Pangeran Diponegoro. 

Misi yang beliau bawa setelah berakhirnya perang Diponegoro dan ditangkapnya Pangeran Diponegoro yaitu menyebarkan agama Islam. Setelah kemerdekaan Indonesia kondisi masyarakat Mojosari sangat misakin. Mayoritas mata pencahariannya adalah petani.

Pada tahun 1960 kondisi masyarakt Mojosari mulai membaik dengan perkembangan kerajinan batik tulis. Hingga pada tahun 1970, batik tulis mengalami masa kejayaan, industri batik di Mojosari berkembang pesat.

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar