ASAL MULA NAMA DESA JUNJUNG

ASAL MULA NAMA DESA JUNJUNG

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Desa Junjung merupakan salah satu desa yang ada di Tulungagung. Di desa ini terdapat objek wisata sejarah yang terkenal, yaitu Goa Pasir.


Konon sebelum menjadi Desa Junjung, sudah ada 4 perdukuan yang sudah sejak lama.

1. Perdukusn Sentul
Dinamakan Sentul karena orang yang membabad atau membuka lahan dan menguasai di daerah tersebut bernama Sentul.

2. Perdukuan Prajekan
Nama Prajean diambil dari kata "Prajek" yang berarti pagar. Rumah atau tempat tinggal yang ada pagarnya dan tertata rapi hanya di daerah tersebut.

3. Perdukuan Kedungjalin
Nama Kedungjalin berasal dari dua kata, yaitu kedung dan jalin. Konon di tempat tersebut terdapat sebuah kedung yang dipenuhi dengan tanaman jalin.

4. Perdukuan Pasir
Nama Pasir diambil dari kata Pasiraman yang memiliki arti, tempat untuk mandi. Konon di daerah tersebut terdapat kolam besar yang sengaja dibuat uuntuk mandi para orang terpandang pada waktu itu. Menurut cerita, orang-orang pelarian dari Kerajaan Majapahit banyak yang lari ke selatan. Cerita tersebut dikuatkan dengan banyaknya peninggalan goa, patung, dan relief yang banyak mereka ukir di batu yang menggambarkan keadaan pada waktu itu.


Karena pergantian generasi ke generasi dan yang mereka lihat hanya pasiraman, maka selanjutnya tempat tersebut dan sekitarnya disebut Pasiraman. Sekarang disempurnakan menjadi Pasir, sedangkan goa yang  mereka bangun disebut Goa Pasir.

Dalam perkembangan 4 dukuan tersebut sangat ramai membentuk pemerintahan yang dipimpim seorang Demang disebut Junjung. Kata junjung diambil dari kegiatan pada saat Kabupaten Tulungagung membangun Balai Rakyat yang menggunakan kayu dari daerah sekitar Goa Pasir untuk salah satu tiang balai gersebut. Karena fasilitas kendaraan tidak ada tau karena alasan lain sehingga kayu tersebut tidak bisa diangkat. Maka Pemerintah mendatangkan warga dengan cara mengadakan hiburan Tayub. Setelah warga berkumpul, diminti tolong untuk "mengangkat" (dalam bahasa Jawa berarti "njunjung") kayu tersebut sampai ke Tulungagung. Setelah kegiatan itu selanjutnya daerahtersebut diberi nama Junjung.


Selain cerita sejarahnya yang mmenarik, objek witasa Goa Pasir di desa Junjung juga sangat menarik untuk dikunjungi. Untuk lebih lengkapnya mengenai Goa Pasir, Sobat MotoMideo bisa tonton vide di bawah ini ya.

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.



0 Komentar