KENALAN DENGAN KUE NAGASARI

KENALAN DENGAN KUE NAGASARI

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Nagasari atau orang Tulungagung biasa menyebutnya "Nogosari", merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan pisang sebagai isiannya. Pisang yang digunakan adalah jenis pisang raja.


Adonan luarnya memiliki rasa gurih dan sedikit manis. Karena terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula pasir, dan daun pandan untuk menambah aroma. Setelah adonan dimasak, kemudian dibentuk sedemikian rupa hingga menutupi seluruh bagian pisang. Selanjutnya, dibungkus daun pisang dan dikukus.

Konon, nama Nagasari berasal dari kata "Naga" yang berarti hewan legenda dari daratan Cina yang melambangkan jiwa terhormat. Kata "Sari" menurut KBBI memiliki arti isi utama dari suatu beda. Jika kedua arti kata tersebut digabungkan memiliki arti, isi utama dari suatu benda yang terhormat atau melegenda.


Jajanan Nagasari ini jarang diperjual belikan. Biasanya, jajanan ini dibuat khusus untuk suguhan makanan pada acara tertentu, seperti selamatan atau acara adat jawa.

Nagasari memiliki nilai karbohidrat dan gizi yang tinggi. Karena cara mengolahnya masih tradisional jajanan ini cocok dan aman untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar