UPACARA TEMANTEN TEBU

UPACARA TEMANTEN TEBU

Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Temanten Tebu atau pengantin tebu merupakan upacara adat yang dilakukan dibanyak Pabrik Gula (PG) khususnya di Pulau Jawa untuk menandai awal musim giling tebu tiba. Tebu-tebu tersebut dibentuk dan dirias layaknya pengantin. Namun ada pula yang menggunakan boneka pengantin dan tebunya hanya untuk pengiring. Masih banyak Pabrik Gula yang melestarikan Upacara Adat ini untuk menandai awal musim giling tebu. Salah satunya di Pabrik Gula Modjopanggung Tulungagung.

Setiap daerah atau setiap pabrik gula memiliki cara sendiri-sendiri untuk melakukan Upacra Adat Temanten Tebu ini. Namun secara umum tebu yang akan digunakan untuk menjadi temanten tebu haruslah tebu yang bagus.

Setelah tebu dibentuk dan dirias layaknya pengantin, tebu tersebut diarak menuju tempat penggilingan dengan diiringi berbagai macam kebudayaan khas daerah masing-masing. Sesampainya di penggilingan, temanten tebu dinikahkan dengan cara digiling. Ini sebagai tanda mulai masuk musim giling dan panen tebu.

Masing-masing mempelai manten tebu biasanya akan diberi nama. Nama yang diberikan harus memiliki arti atau makna yang baik. Ini sebagai pengharapan agar hasil panen dan hasil giling tebu mendapat hasil yang baik pula.

Upacara Temanten Tebu ini bertujuan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dari petani dan pihak pabrik gula atas hasil panen pada tahun tersebut. Selain itu juga sebagai pengharapan agar mendapat hasil giling yang baik, serta karyawan pabrik selalu diberi keselamatan dalam mengoperasikan mesik penggilingan tebu.

Biasanya untuk menyambut awal musim giling tebu selain mengadakan upara adat Temanten Tebu juga diselenggarakan pasar malam di sekitar Pabrik Gula selama 2 minggu. Pasar malam tersebut menghadirkan para pedagang kaki lima dan berbagai wahana permainan anak. 

Selain sebagai agenda tahunan upacra adat Temanten Tebu dan psar malam ini juga menjadi daya tarik wisata tahunan bagi masyarakat sekitar. 

Semoga artikel ni bisa membantu Sobat MotoMidoe untuk lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuti Chanel Youtube Motomideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar