SERABI ATAU SURABI ?

SERABI ATAU SURABI ?

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Serabi merupakan jajanan tradisional Indonesia yang banyak dijumpai di Jawa. Konon kata "Serabi" berasal dari kat "rabi" yang dalam bahasa Jawa berarti "kawin". Mungkin karena proses pembuatannya yang sederhana dan tidak terlalu lama sehingga orang Jawa menyebutnya "Serabi" (seperti waktu proses sekali kawin). 


Di daerah Jawa Barat jajanan ini lebih dikenal dengan sebutan Surabi atau Sorabi. Dalam bahasa Sunda kata "Surabi" berarti "besar".

Serabi terbuat dari tepung beras yang dicampur santan. Kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Di Jawa umumnya serabi disajikan dengan isian gula merah atau manisan lainnya. Sedangkan di Tatar Sunda serabi disajikan dengan isian oncom atau asinan lainnya.


Seiring perkembangan jaman banyak orang yang terus berinovasi dengan jajanan serabi ini. Kini banyak ditemui serabi dengan berbagai macam topping, seperti ayam, sosis, keju, coklat, dan sebagainya. 

Jika berkunjung ke Tulungagung kalian juga bisa dengan mudah menemukan jajanan serabi ini. Serabi banyak dijajakan dipasar tradisional hingga outlet pinggir jalan. Salah satu tempat yang menjual serabi di Tulungagung yaitu "Srabi Noto Rosso". Disini selain kalian bisa menikmati serabi dengan berbagai topping, kalian juga bisa melihat proses pembuatan serabi secara langsung.

Untuk lebih lengkapnya Sobat MotoMideo bisa tonton video di bawah ini ya. Semoga artikel iki bisa membantu kalian untuk lebih mengenal Tulungagung. Ikuti terus Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.



0 Komentar