SUKU TERTUA INDONESIA BERSAL DARI TULUNGAGUNG

SUKU TERTUA INDONESIA BERSAL DARI TULUNGAGUNG



Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Pasti sudah pada tahu kan kalau Indonesia memiliki banyak suku. Dari Sabang sampai Merauke terdapat suku yang berbeda-beda yang mendiaminya.

Tapi kalian tahu gak sih kalau suku tertua di Indonesia bersal dari kota kita tercinta, Kota Tulungagung. Penemuan fosil manusia purba berjenis Homo Wajakensis di Desa Wajak menjadi tanda bahwa keberadaan manusa telah dibangun sejak ratusan bahkan jutaan tahun yang lalu. Beberapa arkeolog meyakini bahwa penemuan tersebut merupakan Suku Wajak, suku tertua di Indonesia.

Ada banyak cerita yang berkembang di masyarakat bahwa Suku Wajak telah menghilang sejak 20 ribu tahun lalu. Beberapa ahli menyampaikan bahwa Suku Wajak berpindah ke Jepang, tepatnya di Pulau Ainu dan Pulau Jumono. Konon, kepindahan Suku Wajak ke Jepang disebabkan karena meletusnya Gunung Dempo, Gunung Toba, dan Gunung Krakatau yang saat itu menyebabkan bencana tsunami.

Dilansir dari goodnewsfronindonesia.id, Suku Wajak memiliki kehebatan dibandingkan dengan suku-suku lain. Salah satunya yakni kehebatan dibidang kemaritiman. Suku Wajak mampu mengarungi samudra yang luas hanya dengan perahu sampan dari pohon besar yang dilubangi. Selain itu Suku Wajak juga dikenal sebagai suku orang-orang cerdas.


Jika Sobat MotoMideo ingin melihat penemuan fosil Homo Wajakensis, kalian bisa mengunjungi Museum Daerah Tulunangung. Bisa juga kalian klik  video di bawah ini untuk melihat apa saja koleksi Museum Daerah Tulungagung.

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk mengenal tentang kota Tulungagung . Terus ikuti Chanel MotoMideo Tulungagung karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.



0 Komentar