CERITA DIBALIK PENENTUAN HARI JADI TULUNGAGUNG


  Hallo Sobat MotoMiedo Tulungagung !

Setiap daerah pasti memiliki penentuan hari jadi. Begitu pula dengan Kabupaten Tulungagung. Kabupaten Tulungagung menetapkan tanggal 18 November 1205 ssebagai hari jadinya. 

Pada tanggal itu terjadi perstiwa bersejarah, yakni pemberian penghargaan dari Raja Kertajaya dari Daha kepada masyarakat Thani Lawadan di selatan Tulungagung. Penghargaan tersebut diberikan karena kesetiaan masyarakat Thani Lawadan kepada Raja Kertajaya ketika terjadi serangan musuh dari timur Daha.

Penghargaan tercatat dalam Prasasti Lawadan yang memiliki sengkala "Sukra Suklapaksa Mangga Siramasa". Sengkala tersebut merujuk pada 18 November 1205. Tanggal keluarnya prasasti tersebut dijadikan akhirnya dijadikan sebagai hari jadi Kabupaten Tulungagung sejak 2003.

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk mengenal Tulungagung. Ikuti terus Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, Karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

#tulungagungmening #kulinermening #motomideo #kabupatentulungagung #tulungagung #melihattulungagunglebihdekat #motovlog #reviewmotovlog #motomideotulungagung