PUNTEN PECEL BIKIN NAGIH

PUNTEN PECEL BIKIN NAGIH

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Pecel merupakan makanan yang disajikan dengan sayuran dan disiram dengan bumbu pecel atau sambal kacang. Tiap daerah memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri mengenai penyajian makanan pecel ini. Biasanya berbeda jenis sayuran yang digunakan atau bahkan berbeda rasa bumbu pecelnya.

Lalu bagaimana dengan Punten Pecel ? Punten Pecel merupakan makanan khas dari Tulungagung, namun makanan ini juga dapat dijumpai di daerah sekitar Tulungagung seperti Kota Malang dan Kediri. 

Sebetulnya Punten Pecel ini hampir mirip dengan Nasi Pecel pada umumnya, bedanya ada apada penyajian nasinya. Jika biasanya pecel disandingkan dengan nasi putih biasa, pada Punten Pecel  nasi putih diganti dengan Punten.

Punten disini bukan "permisi" dalam bahasa Sunda, ya Sobat. Punten ini terbuat dari nasi putih dan santan kental. Terkadang orang juga menambahkan daun salam atau daun pandan untuk menambah cita rasa agar lebih menggugah selera. Cara mengolahnya mirip seperti nasi kuning, hanya saja ketika nasi sudah matang akan di tumbuk menggunakan lesung. Jika sudah mengeras, nasi akan dicetak berbentuk kotak kemudian dipotong kecil-kecil untuk menyajikannya. Bentuknya mirip  makanan Jadah, namun berbeda bahan bakunya. Punten terbuat dari beras sedangkan Jadah terbuat dari ketan.

Jika Sobat MotoMideo berkunjung ke Tulungagung jangan sampai kelewatan untuk mencoba menu makanan satu ini ya. Semoga artikel ini bisa membatu Sobat MotoMideo untuk lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuti Cahnel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar