PERBEDAAN DWARAPALA DI SETIAP DAERAH

PERBEDAAN DWARAPALA DI SETIAP DAERAH

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Kalian sudah tahu tentang Dwarapala, belum ?. Dwarapala merupakan arca penjaga gerbang atau pintu dalam ajaran Syiwa dan Budha. 

Biasanya Dwarapala diletakan di luar candi, kuil, atau tempat suci di dalamnya. Umumnya Dwarapala di daerah Jawa dan Bali memiliki postur gemuk, dengan posisi setengah berlutut. Yang menjadi ciri khas lainnya yaitu Dwarapala selalu membawa senjata berupa Gadha di tangannya.

Namun beda daerah beda pula bentuk Dwarapala ini. Di negara Kamboja dan Thailand Dwarapala di gambarkan dengan perawakan lebih langsing  dengan posisi badan tegak lurus, dan membawa Gadha di tengah tepat di anatara kedua kakinya.

Konon arca Dwarapala ini diyakini memiliki kemampuan hebat untuk menjaga dan melindungi. Sobat MotoMideo tahu gak sih kalau di Kabupaten Tulungagung terpadat arca Dwarapala di setiap penjuru mata angin.

Untuk lebih jelasnya kalian biasa tonton video kita di di bawah ini.

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat Motomideo untuk lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung karena  Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.


0 Komentar