ASAL MULA NAMA TULUNGAGUNG

ASAL MULA NAMA TULUNGAGUNG

 Halo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Kali ini kita akan membahas tentang asal mula nama Tulungagung. Mengenai hal ini ada banyak versi ya.

 


Versi pertama kata Tulungagung berasal dari kata Pitulungan Agung (Pertolongan Besar). Konon kata tersebut berasal dari cerita seorang pemuda Gunung Wilis bernama Joko Baru yang mengeringkan sumber air di Ngrowo (Kabupaten Tulungagung tempo dulu).

Dikisahkan Joko Baru dikutuk menjadi ular oleh ayahnya, dan orang biasa menyebutnya Baru Klinthing. Ia bisa kembali menjadi manusia jika berhasil melingkari Gunung Wilis dengan tubuhnya. Karena tubuhnya kurang sejengkal untuk melingkari Gunung Wilis ia mencoba untuk menjulurkan lidahnya. Namun, disaat yang bersamaan ayah Joko Baru memotong lidahnya. Secara ajaib lidah tersebut berubah menjadi tombak yang saat ini dipercaya sebagai "gaman". Hingga saat ini tombak tersebut masih tersimpan dengan baik.

Versi kedua kata Tulungagung berasal dari kata "Tulung" dan "Agung" yang berarti "Sumber yang Besar". Sebelum dibangun Bendungan Niyama oleh pendudukan tentara Jepang, Banyak kawasan Tulungagung yang digenangi air baik di musim hujan atau pun musim kemarau. Hal tersebut terjadi karena terlalu banyaknya sumber air di Tulungagung.

Mungkin Sobat MotoMideo mengetahui versi cerita yang lainnya, bisa kalian share di kolom komentar ya. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar