MISTERI "JOMLO" CANDI DADI

MISTERI "JOMLO" CANDI DADI

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Candi Dadi merupakan salah satu candi yang ada di Tulungagung. Tepatnya di Desa Wajak Kidul  Kecamatan boyolangu. Letak Candi Dadi tidak jauh dari beberapa situs bersejarah lainnya, seperti Candi Cungkup, Candi Gayatri, dan Goa Selomangleng.


Kita membutuhkan watu sekitar 40-60 menit untuk sampai ke area Candi Dadi. Karena letaknya di puncak perbukitan, Candi Dadi ini terletak di puncak yang paling atas. Sedangkan di beberapa puncak lainnya terdapat Candi Gemali, Candi Buto, dan Candi Wurung. 

Candi Dadi memiliki misteri mengenai asal mula pembangunannya. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, konon ada seorang Pangeran hendak melamar seorang putri Dusun Kedungjalin. Lamaran tersebut akan diterima dengan syarat pangeran tersebut harus membuat empat candi dalam satu malam. Pangeran pun menyetujui dan melaksanakan syarat yang diminta.

Ketika candi keempat hampir jadi, putri tersebut berusaha menggagalkannya dengan menyuruh ibu-ibu di desa memukul lesung. Karena sebetulnya putri ingin menolak lamaran pangeran. Akhirnya candi keempat gagal diselesaikan, karena pangeran mengira hari sudah pagi. 

Setelah pangeran mengetahui tipu muslihat tersebut pangeran marah dan mengutuk para perempuan di desa itu, mereka tidak akan mendapatkan jodoh sebelum usianya menginjak tua.

Hingga kini candi keempat yang gagal diselesaikan disebut Candi Wurung. Kata "Wurung" dalam bahasa Jawa berarti "Belum".

Untuk Sobat MotoMideo yang penasaran seperti apa Candi Dadi dan bagaimana sejarahnya, kalian bisa tonton video di bawah ini ya.

Seoga artikel ini bisa membantu Sbat MotoMideo untuk lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungaung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.



0 Komentar