CANDI SANGGRAHAN DENGAN CANDI GAYATRI SALING BERKAITAN

CANDI SANGGRAHAN DENGAN CANDI GAYATRI SALING BERKAITAN

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Candi Sanggrahan atau Candi Cungkup terletak di Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu. Candi ini dibangun diatas pelataran yang lebih tinggi dibandingkan dengan lahan disekitarnya. Tepian pelataran diperkuat dengan susuna bata, hal tersebut dilakukan untuk mengatasai kemungkinan terjadi longsor.



Pada dinding Candi Sanggrahan terdapat relif  harimau. Dulunya pada bagian timur candi induk terdapat ima buah arca Budha. Demi keamanan kini arca-arca tersebut dipindahkan ke Museum Wajakensis (Museum Daerah Tulungagung).

Di sebelah utara terdapat umpak yang dulunya digunakan untuk bersuci. Sehingga diperkirakan pada jaman dahulu candi ini difungsikan untuk upaca agama.


Keberadaan Candi Sanggrahan ini dikaitkan dengan Candi Gayatri yang letaknya tidak jauh. Konon, rombongan Kerajaan Majapahit hendak menjalani upacara pembakaran jenazah Gayatri Rajapatni. Dan di Candi Sanggrahan inilah Rombongan tersebut beristirahat dan mendirikan perkemahan. Hal ini diperkuat dengan adanya temuan pondasi yang cukup luas di area Candi Sanggrahan.

Untuk lebih lengkapnya Sobat MotoMideo bisa tontok video di bawah ini ya. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuci Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung karena Berssama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.



0 Komentar