CANDI AMPEL TULUNGAGUNG

CANDI AMPEL TULUNGAGUNG

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Candi Ampel atau biasa masyarakat menyebut Candi Ngampel ini berada di Dusun Ngampel. Desa Joho, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung. Candi Ampel merupakan candi tunggal dengan didukung sebuah yoni. 


Lahan di sekeliling candi berupa halaman yang ditanami berbagai jenis tanaman keras. Bentuk Candi Ampel sudah tidak begitu jelas karena runtuh. Namun pada sisa kaki candi masih di sisi selatan masih terlihat ornamen sulur-suluran dalam motf flora. Kerusakan candi disebabkan oleh beberapa pohon besar yang tumbuh di tengah sisa bangunan candi. Pohon-pohon tersebut seperti pohon joho, winong, aren, kendal. serut, ingas, dan leran.

Selain terdapat ornamen sulur-suluran di dinding kaki candi, di lokasi tersebut juga terdapat acra dwarapala, yoni, dan tujuh umpak batu. Keberadaan yoni menunjukkan bahwa Candi Ampel berlatar belakang agama Hindu. Sedangkan tujuh umpak batu menunjukkan adanya manfaat bangunan terbuat dari bahan lain yang digunakan untuk menaungi bagian atas candi.

Pada zaman dahulu Candi Ampel digunakan sebagi tempat pemujaan. Dan untuk saat ini Candi Ampel berfungsi sebagai objek wisata. Namun bagi warga sekitar situs ini masih dijadikan sebagi tempat "nyuwun donga" dalam kasus tertentu.

Untuk lebih lengkapnya mengenai Candi Ampel, Sobat MotoMideo bisa tonton video di bawah ini ya. Semoga artikel ini membeantu kalian untuk lebih mengenal tentang Tulungagung.

Ikuti Terus Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.



0 Komentar