BROKOHAN - CARA ORANG JAWA MENYAMBUT KELAHIRAN BAYI

BROKOHAN - CARA ORANG JAWA MENYAMBUT KELAHIRAN BAYI

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Brokohan merupakan salah satu upacara adat Jawa yang bertujuan untuk menyambut kelahiran bayi. Biasanya upacara adat ini dilakukan sehari setelah bayi lahir. 


Konon, Brokohan berasal dari bahas Arab yaitu "barokah" yang artinya mengharapkan berkah. Brokohan dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas lahirnya bayi dengan keadaan selamat. 

Tujuan dari Brokohan yaitu untuk memohon keselamatan dan perlindungan bagi sang bayi kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Selain itu juga sebagi wujud pengharapan agar kelak saat bayi sudah dewasa memiliki perilaku yang baik. 

Upacara ini berupa memendam ari-ari (plasenta) bayi. Lalu dilanjutkan dengan acara selamatan dengan menyajikan hidangan tertentu. Seperti nasi gudangan, nasi ingkung, bubur merah putih, dan lain-lain.

Ada banyak cara untuk menyambut kelahiran bayi. Terlepas dari bagaimana cara tersebut, semoga tradisi Brokohan tetap dilestarikan.

Jika Sobat MotoMideo ada yang mau melengkapi artikel mengenai Brokohan ini kalian bisa tulis di kolom komentar ya. Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk lebih mengenal budaya dan tradisi Jawa.

Ikuti terus Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMideo tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar