ASAL MULA NAMA DESA BATANGSAREN

ASAL MULA NAMA DESA BATANGSAREN


Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung, Kembali lagi bersama MotoMideo Tulungagung Channel yang akan membahas tentang Kota atau Kabupaten Tulungagung, jadi buat kalian yang belum kenal dan belum subscribe kalian bisa subscribe dichannel Youtube kami dengan cara Klik MOTOMIDEO.

Nah Kali ini MotoMideo Tulungagung akan membahas tentang Salah satu nama desa yang ada di Kabupaten Tulungagung, yaitu desa Batangsaren. Desa Batangsaren berada di kecamatan Kauman.

Menurut cerita, nama desa Batangsaren bermula dari pertempuran kerajaan Majapahit. Disini terjadi pertempuran antara prajurit Patih Gajah Mada dengan prajurit Adipati Kalang. Pertempuran ini mengakibatkan banyaknya prajurit yang menjadi korban hingga mejadi bangkai dan hanyut di sungai.

Kata “bangkai” dalam bahasa Jawa disebut “bathang”, entah itu bangkai manusia atau hewan yang sudah meninggal. Sedangkan kata “saren” dalam nama desa Batangsaren muncul dari banyaknya bangkai prajurit yang hanyut di sungai Song dan tersangkut pohon “Aren”. Sungai Song atau masyarakat sekitar menyebutnya Kali Song merupakan sungai yang melintasi desa Batangsaren dan bermuara ke Samudera Hindia.

Berbicara mengenai nama desa atau wilayah tentunya akan memiliki banyak versi cerita. Ungkin Sobat MotoMideo Tulungagung memiiki versi cerita yang berbeda, bisa kalian share ceritanya di kolom komentar ya. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk mengenal tentang kota Tulungagung . Terus ikuti Chanel MotoMideo Tulungagung karena Bersama MotoMideo Tulungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.





0 Komentar