MISTERI 4 PENJURU PUSAT KOTA TULUNGAGUNG

MISTERI 4 PENJURU PUSAT KOTA TULUNGAGUNG

      Hallo sobat MotoMideo Tulungagung, Kali ini kita akan membahas Misteri 4 Penjuru Kabupaten Tulungagung. Apakah teman-temen sudah tahu bahwa di Tulungagung mempunyai patung bersejarah yang bernama Dwarapala? Patung ini kerap disebut masyarakat sebagai patung Reco Pentung.

      Dipusat Kota Tulungagung ini dikelilingi Patung Dwarapala yang terletak di 4 penjuru Kabupaten Tulungagung. Yang pertama disebelah timur pusat kota tepatnya di perbatasan Desa Jepun dan Desa Plosokandang terdapat 2 Arca Dwarapala, selanjutnya disebelah selatan pusat kota Tulungagung juga terdapat 2 Arca Dwarapala, lalu disebelah utara pusat kota kedua Arca Dwarapala ini terdapat di perbatasan Desa Rejo Agung dengan Pusat Kota Tulungagung, dan yang terakhir Arca Dwarapala terletak disebelah barat Jembatan Lembu Peteng.

      Kalian penasaran nggak sih apa itu Dwarapala? Nah Dwarapala adalah patung yang berwujud raksasa serta Mambawa Gada, biasanya patung Dwarapala diletakkan didepan bangunan suci, seperti Kraton, Kadipaten, maupun Candi. Lalu mengapa di 4 Penjuru Pusat Kota Tulungagung terdapat Patung Dwarapala? dan mengapa Patung Dwarapala lebih dikenal dengan sebutan Patung Reco Pentung? Temukan Jawabannya di video kita pada Channel YouTube MotoMideo Tulungagung.



0 Komentar