KISAH TERBENTUKNYA DESA SAMBIROBYONG!!

KISAH TERBENTUKNYA DESA SAMBIROBYONG!!

      Hallo sobat MotoMideo Tulungagung, kali ini kita akan mengulik sejarah singkat dari sebuah desa di Tulungagung yaitu Desa Sambirobyong, Desa yang berada di Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung. Desa ini berada tepat di tepian Sungai Brantas yang mengalir dari Blitar sampai Surabaya.

      Dulunya Desa Sambirobyong merupakan bekas dari Kerajaan Kediri dan Majapahit, karena dibuktikan dengan adanya situs-situs atau benda-benda yang ada di punden (tempat keramat).

      Dari cerita orang tua atau sesepuh ada seorang lelaki pengembara yang mencari ikan di Sungai Brantas dan dibantu dua orang laki-laki yang dulunya di tepi Sungai Brantas masih belum ada penduduknya, masih berupa pohon-pohon yang lebat, dan disitu ada pohon Sambi. Beliau membuat rumah dibawah pohon tersebut dan membuka lahan pertanian. Tempat tersebut dipercayai oleh masyarakat dan dikeramatkan menjadi punden, namanya Mbak Suko Dewo.

      Kesimpulannya nama Desa Sambirobyong ini diambil dari adanya pohon Sambi yang lebat atau biasanya orang Jawa menyebutnya dengan nama ngrobyong. Kata Sambi disambung dengan ngrobyong dan jadilah nama Desa Sambirobyong.

      Oke sob untuk lebih afdol dan jelas kalian bisa langsung cek video kita di Channel YouTube MotoMideo Tulungagung.



0 Komentar