HADIAH DARI BANGSA BELANDA UNTUK TULUNGAGUNG!!

HADIAH DARI BANGSA BELANDA UNTUK TULUNGAGUNG!!

      Hallo sobat MotoMideo Tulungagung, kali ini kita akan mengulik sejarah singkat dari sebuah jembatan yang ada di Tulungagung yaitu Jembatan Plengkung yang terletak di Desa Mangunsari. Jembatan Plengkung atau Bok Plengkung ini berada di sebelah timur Pasar Ngemplak atau berada tepat pada timur Perempatan Mangunsari.

      Menurut kamus sejarahnya Jembatan atau Bok Plengkung ini dibangun pada tahun 1925. Bok Plengkung ini dulunya dikenal dengan Jembatan Grobogan. Konon katanya dahulu Bangsa Belanda yang menjajah Indonesia mengadakan sayembara bagi siapa yang bisa melompati Sungai Ngrowo yang lebarnya sekitar 45 m dari arah barat ke timur akan diberi hadiah berupa jembatan sob.

      Bangsa Belanda mempunyai pemikiran dengan melompati sungai deras dan lebar pada waktu itu tentunya hanya orang sakti yang bisa, dan menurut Bangsa Belanda jika ada orang sakti yang berhasil melompati sungai tersebut dan mendapatkan hadiah jembatan pasti akan diberikan mantra atau doa untuk memberikan kekuatan di jembatan itu.

      Nah siapakah orang yang berhasil melompati Sungai Ngrowo tersebut? dan mengapa jembatan tersebut ingin dihancurkan oleh Bangsa Belanda? Temukan jawabannya pada video kita di Channel YouTube MotoMideo Tulungagung.



0 Komentar