Halo Sobat MotoMideo Tulungagung. Kali ini kita akan mengupas apa sih sesungguhnya Upacara Bersih Nagari yang dilakukan oleh Kabupaten Tulungagung setiap tahunnya, Menurut Sumber Berita yang inkredible Bersih Nagari adalah Upacara Adat yang ada di Provinsi Jawa Timur, Upacara ini bisa diartikan wujud syukur suatu daerah atas limpahan berkah yang telah diberikan Tuhan kepada Daerah Tersebut.

Maka dari itu, Kabupaten Tulungagung melaksanakan Upacara Bersih Nagari disetiap hari jadinya yaitu tanggal 18 November, dimana Kabupaten Tulungagung mewujudkan rasa syukurnya dengan cara mengadakan acara atau event dengan menghadirkan tumpeng lanang dan tumpeng wadon.

Buceng Lanang dan Buceng Wadon adalah seluruh hasil bumi yang ada di Kabupaten Tulungagung. Dimana Buceng Lanang adalah Nasi Tumpeng Raksasa dengan dilengkapi aneka macam lauk pauk dari hasil peternakan, dan hasil laut yang dimasak menjadi sajian khas Kabupaten Tulungagung. Berbeda dengan Buceng Wadon, dimana Buceng Wadon berisi Hasil Bumi yang dijadikan satu dalam tumpeng raksasa yang berisikan Buah-buahan dan Sayur-Sayuran Hasil dari Pertanian Kabupaten Tulungagung sendiri.