BERSIH NAGARI - HARI JADI KABUPATEN TULUNGAGUNG 816 - TULUNGAGUNG MENING


 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung, 18 November adalah tanggal dimana tonggak berdirinya Kabupaten Tulungagung, tepatnya jika ditahun Masehi Tulungagung berdiri sejak 18 November 1205 M yang artinya pada tahun ini 2021 Kabupaten Tulungagung Sudah Memiliki Usia 816 Tahun, dan ditahun ini bakalan beda seperti tahun- tahun dimana yang sudah kita lalui, dengan semarak dan uforia masyarakat Kabupaten Tulungagung yang biasanya sangat luar biasa, ditahun 2021 ini Indonesia masih berstatus pandemi, sehingga tidak seperti tahun - tahun sebelumnya dimana Masyarakat bisa bebas berkerumun dan ikut menyongsong semangat juang Kabupaten Tulungagung. 

Ditahun 2021 ini tepat di usia yang ke 816, Bersih Nagari atau upacara adat yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Tulungagung dilaksanakan dengan sangat sederhana, dan tentunya dengan aturan protokol kesehatan yang sangat ketat, mengingat pandemi covid-19 ini belum berahir, masih perlu kita semua untuk waspada agar tidak terjadi penularan dalam skala besar.

Acara dimulai pada pukul 09.00 dimana sejak pagi sekali ada dua Tumpeng raksasa yang sudah siap untuk dikarak, ada buceng lanang dan buceng wadon dimana dua buceng raksasa tersebut nantinya akan dikarak dari luar Pendopo menuju ke Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, berbeda dengan tahun 2020 atau usia yang ke 815 dimana buceng raksasa di arak dari kantor Pemerinah Daerah (PEMDA) menuju Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, ditahun 2021 ini rutenya sangat pendek sekali. Mungkin untuk meminimalisir terjadinya kerumunan saat prosesi pengkarakan buceng menuju Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

dan sedikit bercerita mengenai Buceng Lanang dan Buceng Wadon perbedaan dua buceng ini adalah jika Buceng Lanang (tumpeng) terdiri dari makan makanan pokok ada nasi kuning, beserta lauk pauknya layaknya Tumpeng yang kita beli atau pesan di catering, namun Buceng Lanang ini berskala cukup besar bahkan sangat besar, hingga membutuhkan banyak orang untuk mengangkat buceng tersebut.

Berbeda dengan Buceng Wadon, dimana Buceng Wadon ini adalah Kumpulan dari Hasil Bumi Seperti Buah, Sayur yang ditata sedemikian rupa hingga menjadi buceng yang sangat besar atau raksasa, kedua buceng tersebut bisa diartikan bahwa Kabupaten Tulungagung memiliki kekayaan luar biasa yang sangat melimpah mulai dari Hasil Bumi Hingga Ragam Kuliner yang dimiliki oleh Kabupaten Tulungagung.

Simak Video Spesial dari kita, Pantauan Video BERSIH NAGARI - HARI JADI KABUPATEN TULUNGAGUNG 816 dari Drone atau pantauan Udara.

#tulungagungmening #kulinermening #motomideo #kabupatentulungagung #tulungagung #melihattulungagunglebihdekat #motovlog #reviewmotovlog #motomideotulungagung