PANTAI KEDUNG TUMPAANG - PUCANGLABAN - TULUNGAGUNG MENING

Pantai Kedung Tumpang berada di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung. Pantai ini dapat diakses dari beberapa kota terdekatnya seperti dari Blitar ataupun Kediri. Akses termudah adalah melalui Blitar menuju Tulungagung. Pantai ini dikenal karena keindahan karang-karang dan tebing yang terjal. Karena itu, berkunjung ke Pantai Kedung Tumpang sebaiknya menggunakan sepeda motor. Apabila memakai mobil, maka pengunjung harus memarkirkannya di tempat yang telah disediakan, dan Saat sampai di puncak bukit, pengunjung harus turun menyusuri jalur yang cukup curam dan berat untuk sampai ke pantai. Saat tiba di pantai, rasa lelah perjalanan serasa hilang karena panorama yang mengagumkan.

Selain menikmat keindahan alam dengan mata pengunjung juga bisa menikmati dengan berenang di pantai atau menikmati indahnya pemandangan laut biru dari tebing. Pantai Kedung Tumpang terdapat tebing-tebing yang membentuk kolam dan berisi air laut yang jernih. Tebing tersebut berwarna coklat keemasan dan berpadu birunya air laut sehingga sangat indah. Ada banyak kolam air laut yang dapat dinikmati untuk berendam. Kolam tersebut terbentuk karena bebatuan berbentuk cekung akibat korosi dan terisi oleh air laut. Hijaunya lumut dalam kolam dan jernihnya air memberikan keindahan yang unik.

Rute Menuju Pantai Kedung Tumpang

Jarak pantai Kedung Tumpang dari kota Tulungagung mencapai sekitar 35 kilometer, dan dapat dicapai dalam waktu tempuh satu jam apabila keadaan lalu lintas lancar. Cara termudah untuk sampai ke pantai ini  menggunakan global positioning system atau GPS. Rute yang dapat ditempuh dimulai dari Jalan Pesantren lalu lurus sekitar 1,5 kilometer kemudian belok ke kiri. Lanjutkan melalui jalan tersebut sejauh dua kilometer kemudian belok kanan menuju Jalan Kalidawir - Panjerejo. Belok ke kiri setelah gedung rumah sakit di persimpangan jalan. Terus ikuti jalan hingga sepanjang dua kilometer lalu belok ke kanan melewati pengisian bahan bakar di kiri jalan. Kemudian, ikuti jalan sepanjang tiga kilometer dan belok ke arah kiri. Tetap berada di jalan tersebut hingga mencapai 1,5 kilometer lalu belok ke arah kanan menuju Jalan Demuk. Di jalan tersebut, Anda akan mulai melewati jalan yang berkelok dengan tanjakan yang cukup terjal. Ikuti jalan tersebut hingga mencapai 21 kilometer. Perhatikan petunjuk jalan yang ada di sekitar area tersebut. Setelah sampai, Anda akan diarahkan menuju area parkir untuk pengendara mobil. Akses pantai hanya dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda dua.

Selain sebagai tempat wisata, Pantai Kedung Tumpang merupakan situs sakral untuk upacara larung sesaji. Berdasarkan artikel berjudul Ritual Larung Sesaji Telaga Ngebel Ponorogo (Studi Historis dan Budaya) yang ditulis oleh Maulana Mitanto dan Abraham Nurcahyo, upacara larung sesaji adalah kegiatan menghanyutkan sesaji yang berisi hasil bumi dengan tujuan untuk mengekspresikan rasa syukur kepada Tuhan karena memberi berkah kepada manusia, serta memohon perlindungan dan keselamatan kepada Tuhan.

Untuk kalian yang belum berkunjung ke Pantai Kedung Tumpang pastinya tertarik dong setelah membaca informasi dari admin. Karena indahnya Pantai tidak kalah menarik dengan pantai - pantai di Tulungagung.

Untuk Informasi Lebih Mantab Bisa Chek Video kita :

#tulungagungmening #kulinermening #motomideo #kabupatentulungagung #tulungagung #melihattulungagunglebihdekat #motovlog #reviewmotovlog #motomideotulungagung