SEJARAH CANDI MIRIGAMBAR ATAU ANGLING DHARMA

     Candi Mirigambar terletak di Dusun Mirigambar, Desa Mirigambar, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. Berada di tengah perkampungan yang masih dipenuhi dengan lahan luas untuk pertanian, merupakan sebuah candi tunggal, karena hingga saat ini belum dujumpai  adanya candi perwara di dekatnya.

     Keistimewaan candi tunggal yang dibangun dari bahan bata merah dan berpintu masuk di sisi barat ini, tampak pada batur batu persegi beserta sebuah undakan pada sisi barat yang dipenuhi oleh ornamen. Pada sisi utara, timur, dan selatan terdapat relief, dan di sudut tenggara terdapat sebuah pilaster yang kedua sisinya melukiskan seekor burung garuda. Pada sebagian batu candi terdapat angka tahun 1214 saka dan tahun 1310 saka.

      Ukuran candi adalah : panjang 8,50, lebar 7,70 dan tinggi 2,35 m.
Pada sebagian batu candi tersebut terdapat pertulisan singkat berupa angka tahun, dua diantaranya dapat dikenali, yakni angka tahun 1214 saka dan 1310 saka.Berdasarkan data itu, dapat dipastikan bahwa masa pembangunan dan penggunaannya berlangsung pada akhir  abad  XIII  hingga  akhir  abad  XIV.   
 

0 Komentar