TARI REOG KENDANG BUKAN HANYA SEKADAR GERAK TARI

TARI REOG KENDANG BUKAN HANYA SEKADAR GERAK TARI

 Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung !

Setiap gerak pada seni tari pasti memiliki arti atau makna filosofi. Begitu pula dengan gerak tari Reog Kendang yang berasal dari Tulungagung.

Berikut ini gerakan-gerakan dalam tari Reog Kendang.

1. Gerak Baris

Gerakan ini merupakan gerakan awal atau pembuka pada tari reog Kendang. Gerakan ini menggambarkan Prajurit yang berbaris untuk memulai perjalanan dengan langka dan tujuan yang sama. Makna dari gerakan ini menunjukkan bahwa semua langkah dan arah manusia dalam hidup harus memiliki tujuan.

2. Gerak Menthokan

Gerakan ini dilakukan dengan jalan jongkok (mundhuk-mundhuk). Gerakan ini merupakan gerakan yang menirukan menthok (angsa) berjalan dengan pinggul meliuk ke kanan dan ke kiri dengan badan membungkuk. Ini menggambarkan pemberian penghormatan dari para prajurit ketika memasuki keraton kepada siapa saja. Penghormatan tersebut digambarkan dengan gerakan menunduk hormat. Maknanya kita tidak boleh menyombongkan diri kepada orang lain.

3. Gerak Pattetan

Gerakan ini dilakukan dengan kaki kanan terbuka dan berputar dengan menjadikan kaki kiri sebagai porosnya. Gerakan ini menggambarkan rasa hormat dari prajutit kepada sang Dewi ketika memberikan syarat yang diminta ke kerajaan Kadiri. Makna dari gerakan ini yaitu manusia harus memiliki sifat hormat dan sopan kepada siapa saja.

4. Gerak Lilingan

Gerakan ini dilakukan berpasang-pasangan, dengan cara berhadapan dan posisi tanjak. Gerak ini menggambarkan para prajurit yang menyaksikan syarat yang diterima Dewi Kilisuci. Maknanya kita sebagai manusia harus saling mengingatkan.

5. Gerak Ngongak Sumur

Gerakan ini dilakukan dengan kaki kanan bergerak ke depan dan ke belakang, seperti orang ngongak sumur (mengintip ke dalam sumur). Menurut cerita gerakan ini menggambarkan para prajurit memastikan bahwa Jathasura telah meninggal di dalam sumur. Maknan dari gerakan ini yaitu kita harus memastikan kebenaran suatu kabar sebelum kita mengambil keputusan.

6. Gerak Gejoh Bumi

Gerakan ini dilakukan dengan posisi badan sedikit membungkuk, kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang sambil menggeduk tanah. Gerak Gejoh Bumi menggambarkan orang jaman dulu jika akan bertamu menggedukkan kakinya ke semua penjuru mata angin. Hal ini dilakukan agar syarat yang dibawa oleh prajurit diridhoi Tuhan. Maknanya setiap tujuan tidak akan tercapai tanpa diikuti doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan ikhlas.

7. Gerak Midak Kecik

Gerakan Midak Kecik  melompat kecil ke depan dan ke belakang menggunakan kaki kanan dan kaki kiri sebagai tumpuan. Gerak ini menggambarkan prajurit yang berjalan menuju puncak Gunung Kelud dan menginjak kecik (kerikil). Maknanya setiap tujuan baik pasti ada alangan yang mengiri.

8. Gerak Sundangan

Gerak Sundangan ini menggunakan pundak dan kepala seperti kepala kerbau yang sedang menyundul. Gerakan ini menggambarkan para prajurit sedang meminta doa restu kepada bumi dan langit agar sembahannya diterima. Maknanya agar kita selalu ingat kepada bumi dan langit yang memberikan sumber kehidupan dan selalu mengingat Tuhan yang memberi kita hidup.

9. Gerak Andul

Ini merupakan gerakan kaki mengayun ke kanan, kiri, atas, dan bawah. Gerakan Andul menggambarkan suuka cita para prajurit karena sembahannya diterima. Maknanya kita sebagai manusia harus bijak dan pintar-pintar dalam dalam menentukan langkah. 


Mungkin akan ada versi lain dari makna gerak tari Reog Kendang ini. Jika sobat MotoMideo ingin menambahkan atau mengoreksi bisa tuliskan di kolom komentar ya. Untuk melihat gerakan tari Reog Kendang kalian bisa klik Video di bawah ini. 








Semoga Artikel ini bisa membantu Sobat MotoMideo untuk lebih mengenal Tulungagung. Terus ikuti Chanel Youtube MotoMideo Tulungagung, karena Bersama MotoMiedeo Tlungagung Melihat Tulungagung Lebih Dekat.

0 Komentar