SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA CANDI DADI

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA CANDI DADI

      Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung, Kali ini kita akan membahas sejarah salah satu Cagar Budaya Tulungagung, yaitu Candi Dadi. Apakah teman-teman sudah tahu dengan Candi Dadi? Candi Dadi terletak di atas bukit Walikukun yang berada di Dusun Mojo, Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur. Candi Dadi sendiri memiliki luas 14×14 meter dan tinggi sekitar 5-6 meter.

      Lalu bagaimana dengan asal usul Candi Dadi? Asal usul Candi Dadi ada 2 versi, yang pertama versi menurut Tim Arkeolog sedangkan versi yang kedua merupakan cerita rakyat yang berkembang di masyarakat, konon katanya zaman dahulu ada seorang pangeran yang melamar putri. Pangeran itu diutus untuk membuat 4 candi dalam satu malam, sekarang keempat candi itu dikenal dengan Candi Urung, Candi Buto, Candi Gemali, dan Candi Dadi. Karena sang putri tidak mau menikah dengan pangeran akhirnya ia melakukan trik licik untuk menggagalkan usaha pangeran dengan memukul lesung agar menandakan pagi sudah tiba.

      Lantas bagaimana cerita asal usul Candi Dadi menurut para arkeolog? dan benarkah mitos tentang Candi Dadi yang disebut dengan Candi jomblo? nahh untuk lebih jelasnya dan lebih afdolnya sobat Tulungagung bisa chek langsung didalam obrolan kita yang sudah ditayangkan dichannel Youtube kita.




0 Komentar