PANTAI SINE - KALIBATUR - TULUNGAGUNG MENING

PANTAI SINE - KALIBATUR - TULUNGAGUNG MENING

                             

Pantai Sine yang terletak di Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir atau sekitar kurang lebih 35 km kearah selatan dari kota Tulungagung. Pantai ini mempunyai keindahan dan panorama alam yang begitu indah. Pantai Sine ini merupakan pantai bebas ombak yang cukup besar. selain itu, Pantai Sine merupakan pantai alam berbentuk teluk di pesisir selatan Kabupaten Tulungagung. 



Pantai Sine ini dikenal dengan adanya perkampungan nelayan dan juga warna pasir-nya yang putih bersih. Warga disana dikenal ramah bersahabat bila ada pengunjung yang hadir ke Pantai. Bahkan para nelayan kerap menyewakan rumah mereka sebagai tempat bermalam.

Selain menyajikan keindahan alam, Pantai Sine ini juga menyajikan keragaman budaya lokal masyarakat sekitar, misalnya kesenian wayang kulit yang dipertunjukkan setiap tanggal satu suro, dan ada juga prosesi larung sesaji yang berguna untuk menangkal mara bahaya ataupun acara mencuci atau memandikan gaman seperti keris dan tombak dari para sesepuh masyarakat.

Untuk menuju Pantai Sine Jarak dari pusat kota yaitu 30 kilo meter saja dengan waktu tempuh kurang lebih selama satu jam. Jarak ini bisa dibilang lumayan dekat apabila dibandingkan dengan jarak pusat kota ke Pantai lain yang bisa menghabiskan waktu sampai tiga jam maupun lebih.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sine
  
 Jika dari Jalan Tulungagung – Blitar berbelok ke arah kiri menuju Jalan Pesantren, lalu terus ikuti arus jalan kemudian berbelok ke kanan. Setelah itu belok ke kiri menuju Jalan Raya Tambakrejo.

Setelah menelusuri jalan kurang lebih empat kilo meter berbelok ke kanan. kemuian anda sudah memasuki  Jalan Raya Sambidoplang, lalu setelah lima kilo meter belok ke kanan menuju Jalan Raya Karangtalun.

Kemudian setelah berjalan sejauh kurang lebih enam kilo meter berbelok ke arah kiri dan di sinilah keadaan jalan mulai berkelok dan ada beberapa titik yang menanjak ehingga harus berhati-hati dan berkonsentrasi.

Setelah itu belok ke kanan menuju Jalan Pantai Sine, dengan jarak dua kilo meter dari situ, Anda sudah  menginjakkan kaki di Pantai Sine.

 Pantai Sine menyuguhkan pantai yang memiliki bukit atau tebing di dekat bibir pantai. Selama di Pantai Sine ini, anda dapat berjalan menyusuri pantai dengan hamparan pasir putih yang indah, dan menikmati hembusan angin laut yang sepoi - sepoi dengan diiringi deburan ombak yang menghantam pinggiran pantai. Selain Pantai Sine anda juga bisa menikmati Danau Cinta/ Song Bajoel yang berada di samping hutan Mangrove.




Fasilitas yang disediakan di Pantai Sine diantaranya kamar mandi, mushola, area parkir, dan rumah makan. Di Pantai Sine terdapat kamar mandi dengan jumlah yang memadai dan biaya yang dikenakan normal. Kamar mandi sangat membantu pengunjung dengan tujuan ingin berkemah bersama keluarga maupun teman - temannya dengan layanan 24 jam

Adapaun sebuah mushola  yang bisa digunakan untuk beribadah selama berada di Pantai Sine. Area parkir kendaraan juga disediakan sehingga kendaraan dapat Anda parkirkan secara aman di kawasan Pantai dengan tarif tertentu.

Dengan segala fasilitas - fasilitas yang ada di Pantai Sine, Andatidak perlu ragu lagi  untuk datang ke Pantai Sine. Selain itu, di Pantai juga terdapat banyak rumah makan yang siap memberi asupan perut anda setelah bermai - main  di Pantai.

Di Tulungagung ini banyak pantai yang dapat jadikan destinasi wisata, seperti Pantai Sanggar, Pantai Ngalur, Pantai Sine dan banyak lagi di sekitar Tulungagung

Untuk Informasi lebih Mantab Bisa Cek Video kita :


0 Komentar