Ruang Terbuka Hijau - Taman Kali Ngrowo - Tulungagung



Taman Kali Ngrowo Merupakan Ruang terbuka hijau yang terletak diarea Sungai Ngrowo, Taman ini sebelumnya berwujud rawa-rawa saja, yang sering dipakai anak muda yang masih senang dengan situasi sepi dan jarang orang lewat, bahkan dahulu tempat ini sangat gelap karena tidak ada penerangan sepanjang jalan dibantaran kali ngrowo ini.

Lokasi yang berdekatan dengan Pemakaman ini sering sekali dipergoki pemuda pemudi yang memadu kasih dilokasi ini, mereka sering bersembunyi dibalik semak-semak dengan motor diparkir ditepi jalan yang belum dibangun seperti sekarang.

Sesuai Perkembanganya, dengan kepemerintahan baru, tempat yang dulunya gelap dan sering dipakai mesum oleh pemuda pemudi, kini telah disulap menjadi tempat yang sangat istimewa dan sangat mening, sepanjang jalan bantaran kali ngrowo sekarang sudah dibangun dengan jalan paving, dan tempat inipun mendadak menjadi populer karena dilokasi tepi kali ngrowo dibangun sebuah bangunan Ruang Terbuka Hijau, taman yang sangat luas dan indah untuk dijadikan tempat nongkrong dan bermain anak-anak.

Lebih ramai karena ada bangunan yang berdiri ditengah taman ini, berwujud kendang yang dipakai pada saat pertunjukan reog kendang atau reog dodok, berharap taman kali ngrowo ini bisa menjadi land mark kota kedua setelah taman aloon aloon yang terletak dipusat kota aloon-aloon.

Fasilitas yang dipasangpun tidak hanya bangunan dengan tulisan Taman Kali Ngrowo saja, melainkan ada fasilitas permainan untuk anak-anak dan juga arena untuk bermain skateboard para komunitas yang ada dikota Tulungagung, Pembangunan ini sangat menunjukan perkembangan kota Tulungagung.

Namun satu yang perlu disayangkan dengan perkembangan yang ada tidak diimbangi dengan sumber daya manusia yang mendukung, pasalnya sering ditemui vandalisme atau pengrusakan terhadap infrastruktur yang telah dibangun, mulai dari bola lampu yang sengaja dipecah, hingga beberapa fasilitas tempat sampah yang tidak terawat, bahan tempat sampah yang merupakan logam seringkali kita temui bak sampah berkarat dan bolong, dan hasilnya tempat sampahpun tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

dan yang perlu diperhatikan lagi, bahwa kebersihan dikali atau sungai ini belum terkelola dengan baik, masih banyak sampah dan hama yang terdapat dikali ngrowo ini, karena bisa dilihat dengan jelas hama atau tanaman enceng gondok berserakan disepanjang sungai, padahal dikota lain enceng gondok ini bisa dimanfaatkan untuk produk-produk kreatif atau home industri, seharusnya jika dikota tulungagung ini mempunyai kemampuan untuk mengembangkan sector pembangunan infrastruktur, harusnya juga lebih bisa untuk membangun sumber daya manusianya juga untuk perkembangan yang lebih baik di sector usaha kecil mikro "UMKM".

Selain itu dilokasi ini masih banyak yang kurang, sepertihalnya tempat parkir yang belum terkelola dengan baik, hingga para pengunjung ahirnya tetap memarkirkan kendaraanya disembarang tempat, dan terkadang mengabaikan larangan kendaraan untuk memasuki area taman.

Nah, Untuk Taman Kali Ngrowo ini, sudah setingkat lebih maju tentang pembangunanya, tinggal beberapa saja yang perlu dikembangkan, setingkat lebih mening lah daripada tahun-tahun kepemerintahan lalu, semoga lebih mening lagi untuk kedepanya, Pantengin terus perkembanganya klik berlangganan dan jangan lupa subscribe chanel youtube kita agar tidak ketinggalan kabar yang mening-mening dari kita.

#tulungagungmening #kulinermening #motomideo #kabupatentulungagung #tulungagung #melihattulungagunglebihdekat #motovlog #reviewmotovlog #motomideotulungagung