SEJARAH SINGKAT CANDI PENAMPIHAN

SEJARAH SINGKAT CANDI PENAMPIHAN


      Hallo Sobat MotoMideo Tulungagung, Kalau artikel lalu kita membahas tentang sejarah Candi Dadi, kali ini kita akan membahas tentang salah satu Cagar Budaya Tulungagung yaitu Candi Penampihan. Apakah teman-teman sudah tahu dengan Candi Penampihan? Candi yang terletak di Dusun Turi Desa Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung.

      Candi Penampihan merupakan Candi Hindu yang berfungsi sebagai tempat pemujaan. Candi Penampihan terdiri dari 3 teras. Teras yang pertama merupakan candi induk yang dulunya berbentuk kura-kura serta diatasnya terdapat sepasang arca naga bermahkota yang melingkari candi tersebut, dan diatasnya lagi terdapat Arca Dewa Siwa. Disini juga terdapat Arca Garuda, Makara, Arca Ganesha, dan Jala Dwara. Namun semua arca tersebut sekarang sudah dipindahkan ke Museum Wajakensis (Museum Tulungagung)

      Candi Penampihan juga terdapat Prasasti Tinular dengan huruf dan bahasa Jawa Kuno. Lalu apa isi dari Prasasti tersebut? dan benarkah cerita adanya seorang pembesar Ponorogo yang mau ingin melamar Dewi kili Suci sehingga terbentuklah Candi Penampihan? Mari kita simak video yang sudah kami tayangkan di Channel YouTube kita MotoMideo.




     

0 Komentar