MONAS KALIDAWIR

MONAS KALIDAWIR

HALO SOB, JUMPA KEMBALI BERSAMA MOTOMIDEO TULUNGAGUNG,BAHAS PEREMPATAN MELULU BOSEN GAK SOB? HAHAHAH...

OKE DEH, KALI INI KITA GESER KE WILAYAH KALIDAWIR NIH, SIAPA YANG UDAH PADA PERNAH LEWAT JALUR INI SOB?!

SETIAP KALI AKAN KE PANTAI SINE, KALIAN PASTI MELEWATI JALUR INI SOB, NAH DILOKASI INI TERDAPAT TUGU YANG MENYERUPAI MONAS NIH SOB...

HAHAHA... BUKAN MONAS YANG ADA DI JAKARTA LOH YA...

ORANG ORANG TULUNGAGUNG, SERING


MENYEBUT TUGU YANG MIRIP MONAS INI DENGAN SEBUTAN MONAS KALIDAWIR, ADA JUGA YANG MENYEBUT TUGU INI MONASLUN... MONAS YANG BERADA DI JALAN RAYA KARANG TALUN, 

YANG LEBIH DIKENAL LAGI DENGAN SEBUTAN JAKARTALUN SOB... HAHAHA....

INFORMASI SINGKAT TENTANG TUGU MONAS KALIDAWIR INI SOB, WARGA SEKITAR SERING MENJELASKAN BAHWA BANGUNAN TUGU TERSEBUT ADALAH REPLIKA DARI TUGU MONUMEN NASIONAL DI KOTA JAKARTA, NAAH YANG NAMANYA REPLIKA ITU JUGA GAK SAMA MULAI DARI BAHAN YANG DIGUNAKAN HINGGA UKURAN, HANYA SAJA TUGU TERSEBUT MENYERUPAI TUGU MONAS...

SEJARAHNYA PADA JAMAN PENJAJ
AHAN BELANDA DAHULU ADA DUA PENGIKUT PANGERAN DIPONEGORO YANG MELARIKAN DIRI MENUJU HUTAN BELANTARA.

LALU KEDUA PENGIKUT TADI MEMBUKA ATAU MERUBAH HUTAN TERSEBUT MENJADI SEBUAH PEDESAAN UNTUK MENERUSKAN KEHIDUPANYA, 

Ketika kedua orang tersebut membuka hutan belantara

salah satu dari orang tersebut mengambil sebuah karang atau batu dari laut untuk ditanam diwilayah tersebut

Bat u karang itu ditanam di area yang sekarang menjadi tugu monas kalidawir, bertujuan sebagai pengingat, petunjuk tempat atau juga dapat disebut sebagai pusat kota/desa jika tempat itu menjadi ramai.

Dari petunjuk atau tanda tersebut maka tempat tugu monas kalidawir yang sekarang, dinamakan karangtalun. Nama Karangtalun tersebut memiliki maksud karang yang berarti batu dan alun yang berarti tanah yang luas.

Setelah mengalami perkembangan zaman, karang yang ditanamkan pada tempat tersebut dibangunlah sebuah replika Tugu Monas yang tetap menjadi pusat kota/desa pada tahun 60.an.

Menarik juga ya sob sejarah singkatnya, dan pada saat ini wilayah tersebut menjadi pusat kuliner kalidawir atau disingkat dengan PKK, pusat kuliner kalidawir ini digagas oleh tim penggerak ibu ibu PKK Kecamatan kalidawir.

Informasi yang gak kalah penting nih sob, Lokasi Replika Tugu Monas Kalidawir ini berada didepan kantor kecamatan kalidawir, jika kalian ingin datang kesini kalian bisa ikuti Google Maps yang ada di kolom diskripsi.

Mungkin cukup sekian dulu sob informasi yang dapat kita sampaikan, 

semoga dengan perkembangan zaman, kita semua tidak melupakan sejarah yang sudah membuat wilayah kita menjadi era modern seperti sekarang ini.

jangan lupa share video ini agar kelak anak cucu kita bisa mengetahui sejarah sejarah tempat dikota tulungagung, bersama MotoMideo Tulungagung - Melihat Tulungagung Lebih Dekat.



0 Komentar