Seperti di Kampung Mrican Jogjakarta, Sungai di Tulungagung Ini Disulap Jadi Kolam Ikan

Seperti di Kampung Mrican Jogjakarta, Sungai di Tulungagung Ini Disulap Jadi Kolam Ikan


MOTOMIDEO TULUNGAGUNG NEWS - Apa jadinya, ketika sungai yang awalnya kotor dan berbau kini menjadi berair jernih dan dipenuhi berbagai jenis ikan di dalamnya. Selain terlihat indah dan cantik, warga masyarakat menjadi senang dan betah duduk santai menikmati situasi ini.

Bukan berada di Kampung Mrican, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta yang sudah beberapa waktu lalu viral karena kreatifitas warganya. Di Tulungagung, tepatnya di desa Simo Kecamatan Kedungwaru, sungai yang luasnya hanya sekitar 2,5 meter ini untuk lokasi sepanjang 500 meter telah di sulap menjadi destinasi yang mirip Kampung Mrican.

"Masyarakat sebelumnya meras terganggu dan tidak nyaman karena bau tak sedap dari sungai ini," ucap tokoh masyarakat yang juga ketua RT, Suyut (50), Sabtu (07/08/2021).

Sungai yang melintas ditengah perkampungan ini masuk di RT 07,08 dan 10 wilayah RW 03 dan 4 desa Simo Kecamatan Kedungwaru. Karena dianggap punya potensi dikembangkan menjadi lokasi nongkrong, berawal dari musyawarah warga akhirnya muncul keinginan untuk dilakukan kerja bhakti membersihkan sungai.

"Awalnya kita musyawarahkan dan karena ada inisiatornya untuk menggerakkan kerja bhakti," ucap Suyut.

Ternyata, setelah dibersihkan air sungai juga terlihat layak ditaburi benih ikan. Dengan kesadaran bersama, sebanyak lebih dari 8 ribu bibit ikan jenis Nila dan Koi ditaburkan di sungai itu beberapa waktu lalu.

Hasilnya, ikan terus tumbuh besar dan pemandangan ini menarik warga sekitar untuk menikmati keindahan sungai yang kini menjadi tempat baru untuk berkumpul dan santai.

Meski belum sepopuler Kampung Mrican, warga Simo tampak merasa senang dan bangga dengan hasil nyata kegiatan dari kerukunan warga ini.

Dari beberapa postingan di media sosial, banyak masyarakat dari luar desa Simo penasaran dan datang langsung untuk melihat dari dekat ribuan ikan yang indah berenang di air sungai yang bersih itu.

Warga berharap, kedepan pengelolaan sungai semakin ditingkatkan agar keberhasilan ini menjadi kebanggaan masyarakat di desa Simo.


By Ferris Chandra Sasmita

0 Komentar