SANTET NGEPRANK HEWAN TERNAK

SANTET NGEPRANK HEWAN TERNAK

 MOTOMIDEO TULUNGAGUNG NEWS. Geger dan menduga-duga santet atau jengges warga masyarakat desa Sidomulyo Kecamatan Pagerwojo, ternyata setelah dilakukan investigasi dari DInas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulungagung, ternyata 8 Hewan Ternak yang mati secara Misterius tersebut disebabkan oleh gangguan perncernaak dan infeksi.

KABID Kesehatan Hewan DISNAK dan KESWAN Tulungagung DRH. Eva Tutus Sumaryani mengatakan, Setelah kemarin dilakukan investigasi dilapangan, dari barang bukti kain yang ditemukan, pihaknya menduka 8 hewan ternak yang mati secara misterius itu mayoritas disebabkan oleh gangguan pencernaan karena kemasukan benda asing.

DRH. Tutus mengatakan, Selain karena gangguan pencernaan, ada beberapa sapi mati karena post partus yang mengakibatkan infeksi dan berujung kematian.

Sementara soal benda asing seperti kawat, besi, yang dituturkan pada video amatir warga tersebut tidak ditemukan pada saat investigasi kemarin. Namun dari beberapa kejadian diluar daerah, benda asing seperti kawat ataupun besi kecil kemungkinan bisa masuk dalam pencernaan hewan secara alami melalui mulut hewan.

DRH. Tutus menghimbau kepada para peternak hewan, jikalau menemukan gejala hewan ternak sakit bisa menghubungi tenaga medis agar segera ditangani dan tidak berkunjung kematian. Sebelumnya diberitakan, satu pekan terakhir 8 Hewan ternak warga Sidomulyo Kec. Pagerwojo mati tidak wajar karena ditemukan kawat besi dan batu dalam lambung hewan ternak tersebut.



0 Komentar